Tip Agar Anak Tak Bosan Saat Mudik

By Puri, Selasa, 14 Juli 2015 | 02:00 WIB
Tip Agar Anak Tak Bosan Saat Mudik (Puri)

Tabloid-Nakita.com - Mudik bersama anak menjadi momen yang menyenangkan, bahkan sebenarnya juga bisa menjadi petualangan keluarga yang tak terlupakan. Namun, jika dipersiapkan segala kebutuhan si kecil dengan matang. Dengan begitu, mudik dengan anak bisa nyaman.Akan tetapi, yang menjadi masalah banyak orangtua adalah anak rewel dan bosan terlebih lagi jika mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi yang memang membutuhkan waktu beberapa jam. Nah, selain menyiapkan segala keperluan anak, orangtua juga harus memikirkan bagaimana caranya agar si kecil tidak rewel dan bosan selama perjalanan mudik dan bahkan dapat nyaman saat di kendaraan.Nah, berikut tip agar anak tak bosan saat mudik:

1. Membawa buku ceritaMasukkan beberapa buku cerita ke dalam keperluan si kecil. Pilihlah buku-buku cerita yang menarik dan menyenangkan, tak lupa juga yang memiliki nilai edukasi agar si kecil mendapat tambahan pengetahuan. Saat si kecil mulai terlihat gelisah atau rewel, Ibu dapat mulai membacakan buku cerita tersebut dan ada baiknya jika Ibu dapat menambahkan ekspresi agar si kecil dapat semakin terhibur.

2. Menyediakan bekal atau camilanAnak-anak sangat suka sekali mengonsumsi camilan. Oleh sebab itu, Ibu dapat membawakan beberapa camilan favoritnya agar ia rewel karena perut lapar. Namun, untuk menghindari anak dari penyakit karena jajan di luar, Ibu dapat kreasikan camilan-camilan unik yang menggugah selera makan anak.

3. Menyiapkan mainan favoritnyaDunia anak-anak adalah bermain. Oleh karena itu, Ibu dianjurkan untuk membawa beberapa mainan favoritnya dan tak lupa untuk mengajaknya bermain. Hal tersebut, ampuh untuk mengusir rasa bosan si kecil.

4. Siapkan vitamin dan obat-obatanPerjalanan yang memakan waktu cukup lama dapat membuat daya tahan tubuh si kecil menurun. Oleh sebab itu, Ibu diharapkan untuk menyiapkan vitamin dan obat-obatan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Jika anak sakit, segera bawa ke klinik atau layanan kesehatan terdekat. Jangan memaksa untuk tetap melanjutkan perjalanan.

5. Buat si kecil PenasaranBeberapa hari menjelang keberangkatan, buatlah brosur sederhana. Boleh ditulis tangan atau diketik rapi dengan komputer. Namun, jangan lupa gunakan gambar dan warna-warna meriah agar anak tertarik. Masukkan tempat-tempat menarik yang akan dilewati sepanjang perjalanan dalam brosur tersbut. Lalu, jelaskan dengan singkat aktivitas menyenangkan selama perjalanan nanti.Tak hanya itu. Jika diperlukan, orang tua juga bisa memberikan tantangan kecil untuk mereka. Misalnya, jika selama perjalanan mereka tidak menangis atau rewel maka akan mendapatkan hadiah berupa kupon membeli mainan. Dengan begitu, anak jadi termotivasi dan tidak bete selama perjalanan. Selamat mudik ya, Bu!