Tip Membeli Sepatu Untuk Anak 1 Tahun

By Ipoel , Sabtu, 13 Februari 2016 | 19:00 WIB
Tip Membeli Sepatu Untuk Anak 1 Tahun (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Ingin berbelanja sepatu untuk si kecil? Ingat satu hal, tujuan utama Anda membeli sepatu adalah untuk melindungi kaki si kecil. Jadi urusan model dan bentuk adalah prioritas kedua. Memilihkan alas kaki untuk balita yang baru belajar berjalan memang tidak bisa anggap remeh. Selain kenyamanan, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian. Berikut tip membeli sepatu untuk anak 1 tahun:

Ukuran Sepatu Anak 1 Tahun

Untuk ukuran, kaki si kecil harus bisa masuk ke dalam sepatu dengan mudah. Sepatu harus pas tapi tidak menekan kaki mereka. Terlalu kecil akan menekan jari kaki anak dan menggangu pertumbuhan kakinya kelak, sedangkan sepatu yang kebesaran akan membuat si kecil mudah jatuh dan tersandung. Pastikan Anda menyediakan ruang lebih di bagian depan dan belakang sepatu, sekitar satu jari. Ini akan membuat ruang bagi kaki mereka untuk berkembang dan bergerak dengan lebih nyaman.

 

Velcro Vs Tali Sepatu

Mana yang lebih baik sepatu dengan Velcro (perekat yang bisa dibuka tutup) atau tali? Untuk ballita berusia 1 tahun sepatu Velcro lebih disarankan. Sebab sepatu dengan tali akan mempersulit Anda untuk membuka dan memakaikan sepatu pada kaki si kecil kelak. Plus, meningkatkan risiko si kecil tersandung oleh tali sepatunya. Sedangkan sepatu velcro lebih mudah dipakai dan mudah diatur kekencangannya .

Fleksibilitas.

Carilah sepatu yang cukup fleksibel untuk pertumbuhan kaki si kecil. Caranya: Tekuklah sepatu menjadi dua, jika bisa tertekuk dengan mudah berarti inilah pilihan yang tepat. Jangan memilih sepatu yang terlalu berat, sebab bisa mengganggu postur dan pertumbuhan kaki si kecil.

Sol.

Karena si kecil belum memiliki kekuatan, kesimbangan dan kontrol tubuh yang sempurna, pilihlah sepatu dengan sol yang tidak licin. Supaya risiko terjatuh lebih bisa dihindari.

Jenis.

Agar kaki anak bisa ‘bernapas’, pilihlah sepatu dengan bahan yang baik sehingga kaki si kecil tidak mudah berkeringat. Pilihlah sepatu dari bahan kulit atau kanvas. Dan hindarilah sepatu berbahan sintetis.