Anak yang Belajar Bahasa Asing Tidak Mudah Frustasi

By Ipoel , Senin, 10 Agustus 2015 | 02:23 WIB
Anak yang Belajar Bahasa Asing Tidak Mudah Frustasi (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Anak-anak yang belajar bahasa asing akan bisa berkomunikasi dengan baik, tidak mudah frustrasi, dan ulet dalam mencari beragam cara guna memecahkan masalah, demikian menurut American Council on the Teaching of Foreign Languages. 

                “Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar bahasa asing memiliki perkembangan yang luar biasa dalam keterampilan kognitif, kreativitas, bahasa, matematika, dan sains,” ujar Ingrid Pufahl, linguis dan peneliti di Center for Applied Linguistics di Washington, D.C. “Mereka juga mampu memecahkan masalah dengan lebih baik serta berpikir di luar kotak, karena mereka telah dipaparkan sudut-sudut pandang yang berbeda dan bahasa yang berbeda pula.”    

                Dan yang paling menyenangkan, masih menurut Ingrid, Mama tidak perlu menjadi seorang ahli bahasa tertentu untuk melihat kemampuan otak yang meningkat. “Bahkan setelah mempelajari bahasa asing dalam jangka waktu yang pendek saja, Mama akan mulai bisa merasakan manfaatnya,” ujarnya. 

                Untuk membantu anak Mama mempelajari bahasa asing, cobalah bertanya kepada gurunya di sekolah apakah mereka membuka kelas bahasa asing di sana. Jika mereka tidak memasukkannya dalam kurikulum, bisa saja kelas bahasa asing itu diadakan setelah jam sekolah usai. Selain itu Mama juga bisa mencari kursus-kursus bahasa asing yang ditujukan khusus untuk anak-anak atau memilih-milih CD atau VCD berisi pelajaran bahasa asing untuk anak di perpustakaan atau di toko-toko buku.