Kejang Demam Pada Anak

By Ipoel , Kamis, 4 Juni 2015 | 00:00 WIB
Kejang Demam Pada Anak (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Apakah yang dimaksud dengan kejang demam pada anak? Bagaimana penanganannya? Berikut penjelasannya yang disarikan dalam bentuk tanya jawab:

Apakah yang dimaksud dengan kejang demam pada anak?

Kejang demam adalah bangkitan kejang pada bayi dan anak yang terjadi pada kenaikan suhu tubuh (suhu rektal lebih dari 38°C) akibat suatu proses di luar otak (ekstrakranial). Bila anak pernah mengalami episode kejang TANPA demam, maka tidak termasuk dalam definisi tersebut.

 

Bagaimana bentuk kejang pada anak?

Umumnya adalah tonik-klonik. Ciri-cirinya: anak tidak sadar, timbul kekakuan otot (fase tonik) yang diikuti dengan kejang berulang (fase klonik), setelah kejang anak dapat tertidur.

Bentuk lain adalah kejang fokal, dengan ciri sentakan pada sebelah atau sebagian anggota tubuh secara berulang tanpa didahului kekakuan otot.

 

Anak saya berusia 3 bulan dan mengalami kejang saat demam. Apakah anak saya mengalami kejang demam?

Kejang demam terjadi pada anak berumur 6 bulan—5 tahun. Bila anak berumur kurang dari 6 bulan atau lebih dari 5 tahun mengalami kejang yang didahului demam, perlu dipikirkan kemungkinan penyebab lain misalnya infeksi SSP atau epilepsi yang kebetulan terjadi bersama demam.

 

Apakah penyebab terjadinya kejang demam?