Orangtua yang Tidak Cuci Tangan Berisiko Sebabkan Anak Sakit

By Ipoel , Minggu, 31 Mei 2015 | 08:00 WIB
Orangtua yang Tidak Cuci Tangan Berisiko Sebabkan Anak Sakit (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Orangtua yang menyepelekan cuci tangan bisa berisiko membuat anak sakit. Berikut faktanya, menyiapkan makanan bagi anak tentu merepotkan bagi siapa pun. Sayangnya, karena saking repotnya, tak jarang para mama lupa atau malah malas mencuci tangan hingga bersih dahulu sebelum memberikan makan pada anaknya. Tak jarang karena mau cepat, tangan hanya di lap saja, tanpa cuci tangan dengan bersih.

            Masalahnya, memberikan makan pada anak, sering kali tangan Mama ikut memegang makanan atau alat makannya. Jadi, bila tangan tidak bersih, kuman yang terikut dapat pula berpindah ke sang bayi dan menjadikannya sakit.

Peraturan WHO menyebutkan, orangtua sebaiknya cuci tangan sebelum Anda mulai menyiapkan makanan dan setelah tiap kali interupsi – terutama apabila Anda harus mengganti popok bayi atau pergi ke toilet.

Setelah menyiapkan makanan mentah, misalnya ikan, daging, atau unggas, cuci tangan Anda sebelum Anda mulai menangani makanan yang lain.

Apabila Anda memiliki luka di tangan, pastikan Anda telah menutup luka tersebut sebelum menyiapkan makanan.

Ingatlah bahwa hewan peliharaan seperti anjing, kucing, burung, apalagi kura-kura, sering menjadi sarang patogen berbahaya yang dapat berpindah dari tangan Anda ke makanan.

dr. Martinus M. Leman, DTMH, SpA

RS Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan