Liburan Keluarga ke Malaysia, Kunjungi 2 Kota Ini

By Ipoel , Kamis, 21 Mei 2015 | 08:00 WIB
Liburan Keluarga ke Malaysia, Kunjungi 2 Kota Ini (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Tidak salah lagi, Negeri Jiran, Malaysia, memang memiliki segudang lokasi wisata yang lengkap. Wisata perkotaan, bangunan bersejarah, wisata alam, pengetahuan, semua bisa Anda dapatkan di Malaysia. Malaysia pun akhirnya menjadi salah satu tempat wisata di Asia yang cukup sering dikunjungi wisatawan mancanegara.

Tapi, mendengar nama Malaysia, tentu Anda akan langsung terbayang Kuala Lumpus, Penang, atau Langkawi. Semuanya menawarkan liburan ala kaum urban di kota, liburan untuk menikmati alam, dan liburan menikmati kuliner-kuliner khas Malaysia. Eits, tunggu dulu. Sebenarnya masih ada lagi beberapa tempat menarik yang tidak kalah dengan tempat-tempat populer lainnya di Malaysia.

Pernah mendengar nama Serawak dan Sabah, dua wilayah yang sampai saat ini masih menjadi sengketa? Ya, dua kawasan ini berada di Pulau Kalimantan. Konflik terjadi di dua wilayah tersebut karena masalah kepemilikan tanah Serawak dan Sabah. Sampai saat ini, masih terdengar seruan bahwa Serawak dan Sabah adalah milik Indonesia, milik Kesultanan Sulu.

Namun, sampai saat ini, pemerintah Malaysia mengakui Serawak dan Sabah sebagai bagian dari wilayah mereka. Sektor pariwisatanya pun turut menjadi sorotan pemerintah Malaysia. Ya, di Serawak dan Sabah, Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan sekaligus wisata kota yang mengasyikkan. Di mana Anda bisa melakukan keduanya? Anda perlu berkunjung ke dua kota berikut ini. Jangan lewatkan dua kota ini saat liburan keluarga keluarga ke malaysia.

  1. 1.    Kinabalu

Kinabalu merupakan ibukota negara bagian Sabah. Jika kamu hobi mendaki, maka Anda sangat tepat memilih Kinabalu sebagai destinasi liburan Anda. Di sini, Anda bisa menemukan banyak tempat menarik untuk hiking. Coba saja Gunung Kinabalu setinggi 4.095 meter di atas permukaan laut. Selain memiliki kawasan hutan yang indah, gunung ini juga merupakan tempat keramat penduduk setempat. Jadi, pengalaman mendaki gunung tertinggi kelima di Asia Tenggara pasti akan semakin seru.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Pulau Mamutik yang berada tidak jauh dari pusat kota. Jika Anda ingin melihat kemegahan masjid yang mengapung, Anda bisa mengunjungi Masjid Bandaraya di kota ini. Masjid yang dibuka pada 2 Februari 1992 ini dikelilingi laguna buatan. Anda bisa menikmati keindahan arsitekturnya yang terinspirasi dari gaya arsitektur Masjid Nabawi di Madinah. Terakhir, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Kota Kinabalu di Pasar Filipina, pasar suvenir yang dahulu didirikan oleh orang Filipina.

  1. 2.    Kuching

Mendengar namanya, pasti langsung terbayang hewan lucu berbulu berkaki empat yang senang mengeong. Ya, nama Kota Kuching memang diambil dari nama hewan lucu tersebut. Tapi, ada banyak teori mengenai asal muasal nama kota tersebut. Yang jelas, di kota ini, Anda bisa menemukan monumen kucing-kucing lucu di tengah jalanan kota ini.

Ibukota Serawak ini memiliki Chinatown sebagai salah satu daya tarik wisatawannya. Tapi, tidak seperti Chinatown di banyak tempat lain, di sini Chinatown sangat bersih, rapi, dan tertata dengan baik. Toko-tokonya pun tidak hanya menjual barang-barang khusus untuk turis, seperti toko oleh-oleh atau semacamnya. Toko-toko di Chinatown ini juga menjual perlengkapan rumah tangga, lho! Tapi, yang paling penting, Anda bisa berbelanja di sini dengan harga murah. Di sini Anda juga bisa mengunjungi klenteng tertua di sana, yaitu Tua Pek Kong Temple. Anda juga bisa mampir ke Chinese History Museum untuk mengetahui lebih banyak tentang masyarakat Tionghoa peranakan.

Kuching bisa dibilang kotanya museum karena Anda dapat menemukan banyak museum di sini, termasuk salah satunya adalah Sarawak State Museum yang disebut-sebut sebagai salah satu museum terbaik di Asia. Di museum ini Anda bisa melihat koleksi tentang ras pribumi di Sarawak. Bangunan Sarawak State Museum juga merupakan tertua dan paling bersejarah di Kuching. Terakhir, jika ingin melihat Kota Kuching dari sudut pandang yang berbeda, Anda bisa mengunjungi Kuching Civic Centre dan melihat keindahan Kota Kuching dari atas.

Untuk mengunjungi Kinabalu dan Kuching, Anda bisa menggunakan jasa penerbangan maskapai Malindo AirlewatTraveloka. Maskapai ini sejak awal debutnya telah melayani rute penerbangan ke Kota Kinabalu dan Kuching. Maskapai yang bergerak di bisnis penerbangan LCC ini akan menawarkan harga tiket yang murah untuk Anda. Maskapai Malindo Airdapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mencoba suasana liburan yang berbeda dengan mengunjungi Kinabalu dan Kuching.