Setop Kekerasan pada Anak!

By Ipoel , Jumat, 15 Mei 2015 | 08:05 WIB
Setop Kekerasan pada Anak! (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Seorang anak ditelantarkan, sedangkan 4 saudara perempuannya diduga mendapatkan kekerasan. Pelakunya diduga kedua orangtua mereka sendiri. Miris. Kejadiannya di Perumahan Gran Citra Cibubur. Meski kasus itu masih diteliti lebih dalam oleh pihak berwajib, itu menandakan anak rentan menjadi koban kekerasan. Setop kekerasan pada anak

Perlu diketahui hingga beberapa tahun belakangan ini, tindak kekerasan, dan pelanggaran terhadap hak-hak anak kurang mendapat perhatian publik secara serius. Tindakan ini biasanya dianggap  kasuistis dan terjadi pada keluarga-keluarga tertentu yang secara psikologis bermasalah.

Mungkin karena itu, data dan laporan tentang kasus kekerasan pada anak nyaris tidak ada. Apalagi kasus ini sering kali terbungkus oleh kebiasaan masyarakat yang meletakkan persoalan ini sebagai persoalan intern yang tabu untuk diekspos. Anak-anak di Indonesia juga cenderung lebih bersikap menutup diri, takut, dan bersikap pasrah daripada mencoba melawan (Suyanto dan Susanti, 2006). Lebih lengkapnya Simak boks “9 Alasan Terjadinya Kekerasan”.

Meningkatnya kasus kekerasan pada anak di Indonesia, tentu mecederai kita semua, tak terkecuali negara, sebab generasi penerusnya menjadi layu sebelum berkembang. Oleh sebab itu, kekerasan pada anak harus dicegah dan dihentikan segera!