Masa Kecil dan Asma

By Santi Hartono, Selasa, 5 Mei 2015 | 09:00 WIB
Masa Kecil dan Asma (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com.- Penelitian terbaru menunjukkan pengalaman buruk pada masa kecil di usia balita, seperti menyaksikan kekerasan dan melihat orangtua menggunakan narkoba secara signifikan, dapat meningkatkan risiko asma.

Tim peneliti yang dipimpin Dr. Robyn D. WIngs dari University of Pensilvania di Amerika Serikat menganalisis data survei nasional kesehatan anak di AS, yang melibatkan lebih dari 92 ribu anak berusia 17 tahun ke bawah. Mereka memastikan ada hubungan antara masa kecil dan asma.

Diketahui, 25% dari mereka yang mengalami pengalaman buruk di usia balita,  didiagnosis mengidap asma. Dan asma yang terjadi pada anak yang tidak memiliki pengalaman buruk hanya 12%.

"Data menunjukkan anak-anak yang lebih sering mengalami dan menyaksikan pengalaman buruk memiliki semakin besar kemungkinan terkena asma," ujar Wing. Ia menambahkan, hidup dengan orangtua yang telah bercerai merupakan pengalaman buruk yang paling umum dialami anak. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Annals of Allergy, Asthma and Immunology.