Mainan Pas untuk Balita

By Ipoel , Selasa, 24 Maret 2015 | 11:00 WIB
Mainan Pas untuk Balita (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Mainan bisa menjadi alat untuk menstimulasi aneka kecerdasan anak. Hanya saja, mainan yang diberikan harus pas. Berikut mainan pas untuk balita

Anda tidak perlu membeli mainan yang banyak. Cukup pastikan ruang bermain si kecil berisi pelbagai macam pengalaman bermainan yang berbeda-beda. Mari isi ruang main anak kecil dengan kategori mainan pas buat balita seperti di bawah ini:

Kategori #1 Melatih kemampuan motorik kasar.

Tip: pilihlah mainan yang menekankan pada koordinasi dan keseimbangan, serta membangun kekuatan pada lengan dan kaki si kecil.

Mainan  jenis ini membutuhkan kekuatan kaki dan bantu meningkatkan keseimbangan anak.

Anda bisa membeli mobil-mobilan tanpa pedal terlebih dulu, lalu berikan sepeda roda tiga setelah si kecil menginjak 4 tahun. Hidari memberikan mainan tunggangan yang menggunakan baterai. Selain untuk alasan keamanan, lebih baik jika kita mendorong anak untuk tetap bergerak.

Bermain lempar tangkap mampu meningkatkan koordinasi tangan dan mata anak, plus mendorong mereka untuk menendang dan berlari juga. Anda bisa memilih bola karet, kain atau plastik.

Kategori #2 Melatih kemampuan motorik halus.

Tip: Pilihlah mainan yang bisa melatih koordinasi tangan dan mata. Meski belum beradaptasi dengan optimal, tapi mainan ini bisa menjadi ajang latihan buat mereka.

Selalu sedikan di rumah beragam jenis kertas, alat menggambar (krayon, cat air, pensil warna), buku gambar dan clay untuk si kecil. Pastikan alat menggambar mudah dicuci dan aman.

Mulai blok yang terbuat dari kayu, plastik, atau busa. Mainan menyamakan bentuk dan warna juga masih digemari dan cocok untuk balita.

Kategori #3 Melatih kemampuan bahasa.