Perkembangan Pola Bermain Pada Balita

By Ipoel , Selasa, 24 Maret 2015 | 05:00 WIB
Perkembangan Pola Bermain Pada Balita (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Dukung perkembangan si kecil dengan memberikan pola bermain pada balita yang pas.

Tak terasa buah hati Anda sudah beranjak balita. Tak hanya butuh pakaian yang lebih besar, si kecil juga membutuhkan mainan yang lebih menantang dibanding yang sebelumnya. Selain sudah bisa memakai baju sendiri, melepaskan celana sendiri,dan mencuci tangan sendiri. Kini si kecil juga sudah bisa mengatur permainan blok dan melakukan permainan daya ingat atau berhitung yang sederhana.

Pada usia balita, anak Anda sudah percaya diri dalam berjalan, berlari, dan melompat. Atau bahkan sudah mampu berdiri pada satu kaki dalam beberapa detik. Itu artinya, tiba waktunya untuk membiarkan mereka bermain dengan alat olahraga mini. Sediakan permainan yang bisa mengembangkan kemampuan fisik  anak. Coba sediakan bola plastik, golf mini, atau ring basket mini.

Si kecil sudah ingin adanya kehadiran anak lain dalam waktu bermain mereka, dan mereka sudah benar-benar sudah bisa mulai untuk bersosialisasi dan fokus pada anak lain. Dan ini memperkenankan mereka untuk bisa bermain permainan yang terstuktur.

Seiring bertambahnya usia mereka, balita Anda akan menjadi sangat imajinatif. Si kecil mulai mampu mengembangkan cerita, karakter, jalan cerita dan petualangan mereka sendiri. Memberikan balita Anda baju dan properti untuk bermain peran, seperti bajak laut, polisi, astronot, akan bantu perkembangan mereka.

Selain itu, anak pada usia balita sangat senang berpura-pura dan bermain permainan imajinasi, dan salah satu favorit mereka adalah meniru ayah dan ibunya. Asah kemampuan si kecil ini dengan memberikan mainan masak-masakan atau dokter-dokteran.

Balita juga mulai mengembangkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah dan koordinasi tangan serta mata. Dan permainan yang paling cocok untuk melatih kemampuan ini adalah puzzle. Mulailah dengan memberikan puzzle sederhana dan pilihlah gambar yang mudah dikenali si kecil.

Agar kreativitas makin terasah coba sediakan beragam alat menggambar  yang aman buat si kecil. Ajak mereka untuk melakukan beberapa eksperimen seni sederhana bersama-sama. Pastikan alat menggambar yang digunakan bisa dicuci dan tidak berancun.

Karena kemampuan berbahasa dan kosakata balita sudah semakin baik, maka sangat penting untuk mengelilingi mereka dengan buku yang sesuai dengan umurnya. Sebab anak balita mulai bisa mengerti kata-kata dan cerita yang rumit.  Sudah jelas kan pola bermain pada balita?