Menidurkan Si Balita (2)

By Santi Hartono, Kamis, 19 Maret 2015 | 06:30 WIB
Menidurkan Si Balita (2) (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Tip pertama  menidurkan si balita adalah jangan tidur terlalu larut. Setelahnya, jika ingin si balita cepat tidur, jangan taruh di ayunan, di kereta dorong ataupun di gendongan

  2. Hindari ayunan, gendongan ataupun kereta dorong.

Orangtua mana yang tidak akan bernapas lega saat melihat  buah hati  mereka tertidur lelap di atas ayunan, atau kereta dorong, atau saat digendong? Seringnya momen-momen indah itu muncul di saat Mama tidak terlalu mengharapkannya—dan ketika Mama sangat butuh istirahat.

        Sayangnya, banyak Mama dan Papa menjadi terjebak dan terus menggunakan trik yang sama hingga si kecil sudah balita, baik untuk tidur siang maupun tidur malam. Jika seorang anak dibiarkan tidur dengan terus diayun-ayun, dia mungkin tidak akan mengalami tidur yang lelap akibat rangsangan ayunan. Tidur pada anak dalam ayunan bisa disamakan dengan tidur yang dirasakan orang dewasa ketika terbang di atas pesawat atau kereta api.

        Sebelum Mama merasa frustrasi karena pendapat tadi dan terpaksa menghentikan penggunaan gendongan atau ayunan untuk menidurkan si kecil, silakan mengikuti saran berikut: Menggunakan ayunan untuk menenangkan anak yang sedang rewel boleh-boleh saja, tapi setelah ia jatuh tertidur, berhentilah mengayun-ayun si kecil. Turunkan ia dari ayunan atau kereta dorongnya dan letakkan ia di atas tempat tidur. Dengan begitu si kecil akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan bisa lebih lelap. Dan Mama juga bisa beristirahat.

Lalu bagaimana jika Mama sedang menjalankan perjalanan jauh dengan mobil dan si kecil jatuh tertidur? Jangan langsung bingung dulu ya, Ma. Mama tidak perlu langsung berhenti untuk mencarikan tempat tidur untuknya. Duduklah dengan tenang dan rileks, dan nikmatilah momen penuh ketenangan itu.

                Baru dua dari enam  cara menidurkan si balita yang kami ungkapkan, yaitu jangan menidurkan anak terlalu larut dan mengandalkan ayunan. Masih ada empat cara lain.