Manfaat Memasukkan Anak ke Playgroup

By Ipoel , Jumat, 13 Maret 2015 | 02:00 WIB
Manfaat Memasukkan Anak ke Playgroup (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Kehadiran playgroup menjadi sahabat bagi ibu bekerja dalam memaksimalkan tumbuh kembang si kecil. Hanya saja, pastikan si kecil sudah siap dan Mama memilihkan sekolah yang tepat bagi mereka. Pastikan sekolah yang dipilih mampu bekerjasama dengan Anda untuk memastikan si kecil bertumbuh dengan baik. Manfaat memasukkan anak ke playgroup pun didapat.

Tak hanya membantu mengantikan sementara peran Anda dalam mendidik si kecil, kehadiran playgroup juga memiliki beberapa manfaat positif buat anak Anda. Berikut manfaat memasukkan anak ke playgroup:

Manfaat #1 Melatih emosi dan sosial anak.

Berbeda dengan saat si kecil ada di rumah, di sekolah mereka akan bertemu banyak orang-orang baru. Si kecil juga akan belajar beradaptasi dan menjalin hubungan dengan pelbagai macam orang, mulai orang dewasa dan teman-teman sebaya mereka. Interaksi ini otomatis membantu perkembangan emosi dan sosial si kecil. Terbiasa serta nyaman berada di sekitar orang dapat membuat mereka lebih percaya diri dan terbuka. Tak hanya itu, beriteraksi di sekolah akan bantu si kecil untuk lebih mengenal, menghargai, dan membantu orang lain.

Manfaat #2 Baik untuk perkembangan bahasa.

Aktivitas rutin seperti diskusi, menyanyi, membaca, atau bermain bersama teman dan guru di sekolah mampu membantu meningkatkan kemampuan bahasa anak. Proses ini juga dipercepat karena ini terjadi saat usia anak 1-5 tahun. Transaksi komunikasi yang terjadi di sekolah mampu memperkaya bahasa dan kemampuan anak dalam berkomunikasi.

Manfaat #3 Menjadi anak yang mandiri.

Bermain dan berinteraksi dengan guru serta teman-teman sebaya akan membantu perkembangan percaya diri anak dan buat mereka tidak terlalu tergantung pada orang tuanya. Meski untuk  beberapa anak proses ini harus dilakukan secara bertahap dan perlahan, tapi cepat atau lambat si kecil akan terlatih menjadi anak yang mandiri.

Begitu banyak manfaat memasukkan anak ke playgroup, orangtua jangan sampai memilih sekolah playgroup.