Tips Membesarkan Anak Lelaki (2)

By Santi Hartono, Jumat, 21 November 2014 | 04:35 WIB
Tips Membesarkan Anak Lelaki (2) (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Selain memberi si jagoan cilik tanggung jawab serta membebaskannya untuk memperlihatkan emosi, masih ada delapan dari 10 tips membesarkan anak laki-laki yang akan kami bahas agar Mama dan Papa bisa mendorong si kecil untuk mengembangkan keterampilan emosinya secara penuh. Empat di antaranya adalah:

3. Jangan pelit-pelit memberikan kasih sayang fisikMenurut banyak penelitian, orangtua pada umumnya melakukan lebih sedikit kontak fisik dengan anak laki-laki dibandingkan dengan anak perempuan, kecenderungan yang dimulai sejak anak-anak masih batita. Padahal, bukan hanya anak perempuan lo yang butuh dipeluk atau pun digendong. Anak laki-laki juga membutuhkan pelukan dari mama-papanya untuk merasa aman dan tenteram.    Saat tumbuh semakin besar, anak laki-laki cenderung merasa malu jika dipeluk atau dicium orangtua mereka, khususnya ketika teman-temannya ada di sekitarnya. Meski berkata tidak mau, sebenarnya mereka tetap merindukan kasih sayang sebanyak sebelumnya. Untuk tetap memberi si kecil kasih sayang fisik tanpa membuatnya merasa malu, Mama sebaiknya menerapkan strategi tertentu—contohnya memberi pelukan singkat saat tak ada orang lain atau membelai punggungnya saat bekerja bersama di dapur.

4. Jangan mematikan energinyaAnak laki-laki cenderung dikaruniai energi yang melimpah, yang bisa jadi mendem kalau mereka tidak diberi cukup kesempatan untuk berlari, memanjat, dan beraktivitas bebas dengan penuh semangat. Meski begitu, Mama sebaiknya mengingatkan si kecil kalau ada waktu-waktu serta tempat-tempat—ruang kelas, misalnya—di mana dia harus melambatkan laju mesinnya.

5. Jangan khawatir jika dia tidak bertindak cukup “maskulin”Yang perlu diingat adalah ayah yang keras dan gagah pun memiliki sisi yang lembut. Anak laki-laki yang senang memeluk boneka binatangnya sebenarnya sedang mengembangkan keterampilan yang akan sangat berguna saat ia dewasa.

6. Beri kesempatan untuk memoles keterampilan sosialnya    Kebanyakan anak laki-laki tidak bisa menjalin pertemanan yang akrab semudah anak-anak perempuan. Mereka lebih cenderung bermain dalam kelompok lalu saling bersaing untuk menjadi pemimpin. Bantu putra Mama dengan memberinya kesempatan untuk memiliki teman akrab dan mengatur waktu bermain untuknya dan temannya agar mereka bisa belajar berbagi mainan, mempraktikkan perilaku positif, serta secara umum bermain dengan baik. 

      Di artikel selanjutnya kami akan membahas empat dari 10 tips membesarkan anak laki-laki yang tidak kalah pentingnya. Lanjut, yuk!