Tips Membesarkan Anak Perempuan (2)

By Santi Hartono, Selasa, 18 November 2014 | 04:30 WIB
Tips Membesarkan Anak Perempuan (2) (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Untuk membekali anak-anak perempuan kita dengan karakter yang bagus, yakni percaya diri, yuk terus baca 5 dari 10 tips membesarkan anak perempuan yang PD berikut ini:Berilah pujian berdasarkan kenyataan

Cepat atau lambat anak Mama akan tahu kalau dia bukanlah si jenius dalam bermusik atau seniman terhebat di seantero Bumi, tapi dia tentu akan sangat senang dan menghargai pujian Mama dan Papa yang berdasarkan peningkatan keterampilannya dari waktu ke waktu.

Bantu dia untuk memahami mengapa terkadang ia tidak diajak

Berilah penjelasan kepada putri Mama jika kelak suatu saat ia tidak diundang ke semua pesta ulang tahun atau diajak bermain di semua permainan lompat tali (yang tentunya mustahil terjadi), bahwa hal itu bukanlah berarti dia diperlakukan tidak adil. Selain itu Mama juga harus menjelaskan bahwa ketika anak lain mengatakan “Kamu bukan temanku”, hal itu bukanlah karena anak itu tidak ingin berteman dengan putri Mama, melainkan karena mungkin anak itu suasana hatinya sedang buruk.

Dorong si kecil untuk memiliki kompetensi

Jangan terburu-buru membantu putri Mama saat ia sedang mengerjakan PR atau pun tugas-tugas rumah tangga. Jika dia meminta bantuan, mintalah kepadanya untuk mencoba menyelesaikan pekerjaannya sendiri selama beberapa menit lagi.

Dorong si kecil untuk berolahraga saat dia menginginkannya

Saat ini, anak-anak perempuan memiliki pilihan yang lebih banyak dalam hal olahraga. Jika dia ingin mencoba olahraga senam atau sepakbola, berilah ia kesempatan untuk melakukannya dan menemukan apa yang bisa dia lakukan. Jangan putuskan olahraga apa yang tepat untuk anak Mama—dia bisa menemukannya sendiri, kok.

Jangan membuat asumsi soal kekuatan dan kelemahan anak

Hanya karena anak Mama seorang perempuan, bukan berarti dia akan harus berjuang keras saat menghadapi persoalan pecahan—atau menonjol di ujian membaca. Bukan berarti juga dia akan enggan diajak pergi memancing atau mencoba permainan bisbol. Ikuti isyarat-isyarat yang dia berikan untuk bisa mengoptimalkan kekuatannya dan meningkatkan kelemahannya.

         Masih ada tiga 10 tips membesarkan anak perempuan yang PD yang akan dibagi di artikel selanjutnya. Ikuti terus, ya.