Mencari Tahu Anak Berbakat (1)

By Santi Hartono, Jumat, 14 November 2014 | 02:00 WIB
Mencari Tahu Anak Berbakat (1) (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Pernah mengalami percakapan semacam ini: “Eh, Papa dengar nggak yang barusan diucapkan anak kita?” Sering? Setiap hari? Apakah hal tersebut menunjukkan kalau anak Mama termasuk anak berbakat (gifted) dan bagaimanakah cara mencari tahu anak berbakat?

Faktanya, banyak orangtua yang menganggap bahwa setiap kata yang diucapkan anak mereka atau setiap coretan yang ia gambar merupakan bukti bahwa anak tersebut adalah anak berbakat. Meski sebagian besar anak tidak bisa diidentifikasi sebagai anak berbakat hingga mereka mulai memasuki usia sekolah, beberapa telah menunjukkan sinyal-sinyal bakat mereka sejak masih sangat muda.

           Anak berbakat Ben Hellerstein dari New York, Amerika Serikat, misalnya, sudah bisa membaca buku nonfiksi dan mampu menghapal fakta-fakta sejak masih berumur empat tahun. Ibunya bercerita bahwa ia berharap bisa menyadari tingkat akademisi Ben yang tinggi sejak ia masih kecil. “Jika saja saya cepat menyadarinya,” ucapnya, “dia mungkin akan memperoleh banyak dukungan dan bantuan yang ia butuhkan di sekolah lebih cepat daripada yang dulu ia dapatkan, dan tahun pertamanya di sekolah pasti akan jauh lebih menyenangkan.”

           Ibu Ben mempelajari apa yang banyak ahli pendidikan pahami: Mengidentifikasi anak sebagai anak berbakat tidak dimaksudkan agar bisa dipamerkan, melainkan agar Mama dan Papa bisa mengusahakan pendidikan terbaik yang sesuai dengan kebutuhannya.

             Jika Mama ingin tahu apakah si kecil Mama berbakat atau tidak serta cara mencari tahu anak berbakat, kami akan memberikan sejumlah karakteristik yang biasa ditunjukkan anak berbakat saat mereka berumur dua sampai empat tahun di artikel berikut.