Ketahui Bakat Anak (7) - Calon Ilmuwan dan Detektif

By Santi Hartono, Kamis, 30 Oktober 2014 | 05:00 WIB
Ketahui Bakat Anak (7) - Calon Ilmuwan dan Detektif (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Dalam artikel ketujuh seri cara mengetahui bakat tersembunyi pada balita, kita akan membahas soal anak yang senang bermain teka-teki. Kira-kira balita Mama kelak akan berprofesi sebagai apa ya? Selain itu, yang lebih penting, apa yang sebaiknya dilakukan Mama dan Papa untuk mengembangkan bakatnya agar bisa maksimal. Yuk, kita simak artikel di bawah ini.

Anak Mama menggemari semua jenis permainan teka-teki—puzzle, tebak-tebakan, atau cerita misteri. Ketika berusaha menyelesaikan puzzle, dia tidak akan melakukan metode coba-coba, melainkan menempatkan kepingan demi kepingan puzzle langsung di tempatnya atau di dekat ia mencoba menaruh pertama kali.

      Jika demikian jagoan teka-teki Mama mungkin termasuk anak dengan gaya belajar visual-spasial. Dia cenderung berpikir dengan menggunakan gambar (visual) dan mengasah bakatnya dengan mencoba membuat gambaran secara keseluruhan. Kelak si kecil Mama berpeluang menjelma menjadi detektif andal, ahli arkeologi, atau pun ilmuwan peneliti.

        Agar bakatnya bisa terus berkembang, sibukkan hari-harinya dengan memberinya tantangan baru lewat teka-teki dan puzzle yang menarik. Selain itu Mama juga bisa menghadiahi anak Mama dengan mainan puzzle bentuk-ruang atau puzzle geometri tiga dimensi. Permainan kata, tebak-tebakan, dan cerita misteri juga bisa menjadi stimulan yang bagus bagi si kecil.