Ketahui Bakat Anak (6) - Calon Pemimpin

By Santi Hartono, Kamis, 30 Oktober 2014 | 04:00 WIB
Ketahui Bakat Anak (6) - Calon Pemimpin (Santi Hartono)

Bagaimana cara mengetahui bakat tersembunyi pada balita yang kelak menjadi calon pemimpin? Atau bahkan mungkin presiden? Berikut artikelnya.

Anak Mama punya opini yang kuat soal bagaimana sesuatu harusnya dilakukan. Dia senang mengambil keputusan saat bermain, berlaku peran, dan hampir di semua kegiatan yang dia lakukan.

        Meski terkesan bossy, sebenarnya anak Mama terlahir dengan jiwa pemimpin, yang akan sangat membantunya di sekolah, permainan olahraga, dan banyak lagi aspek hidupnya. Anak yang gemar memimpin akan menginspirasi anak-anak dan orang-orang di sekitarnya, melihat konflik dari perspektif berbeda, dan membawa timnya menjadi yang terbaik, ujar Powers Leviton, pakar anak berbakat. Bagaimana ia kelak? Kepemimpinan khususnya sangat dihargai di bidang bisnis, politik, organisasi komunitas, dan juga mediasi. 

        Untuk mengembangkan bakat si kecil, kapan pun Mama bisa, atau kapan pun keadaannya memungkinkan, izinkanlah balita Mama menjadi pemandu jalan. Dia mungkin menginginkan Mama untuk mengikutinya saat mendaki di taman. Beri ia tugas sehari-hari yang ringan di rumah, seperti mengatur rak sepatu. Biarkan ia mengatur benda-benda di kamarnya semau dia (dengan alasan yang masuk akal). Minta ia membantu memecahkan masalah yang dihadapi Mama atau Papa: “Kita selalu terlambat saat ingin pergi berenang. Menurutmu, apa yang sebaiknya dilakukan agar kita bisa tepat waktu?”

       Puaskan kebutuhannya dalam memimpin, tapi pastikan dia tahu bahwa Mama tetaplah pengambil keputusan terakhir ketika menyangkut masalah keamanan dan semua aktivitas atau benda yang membutuhkan pengawasan orang dewasa.

       Selain itu Mama bisa mengenalkannya gagasan soal mengambil giliran, membuat keputusan, dan juga mendengarkan, sehingga dia tidak akan dihindari teman-temannya saat bermain bersama.