Ketahui Bakat Anak (4) - Calon Chef dan Musisi

By Santi Hartono, Kamis, 30 Oktober 2014 | 02:00 WIB
Ketahui Bakat Anak (4) - Calon Chef dan Musisi (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Mencari tahu bakat si kecil terkadang gampang-gampang susah. Kita harus berusaha mengenali tanda-tanda yang ia berikan dari gerakan, ucapan, maupun kebiasaannya. Agar orangtua tahu cara mengetahui bakat tersembunyi pada balita, ikuti terus seri artikel ini, ya.

Si kecil senang sekali melakukan bermacam hal sambil bergerak—atau setidaknya sambil berdiri. Dia akan menikmati semua kegiatan yang membolehkan ia menyentuh, merasakan, dan menggerakkan badan.

        Anak dengan perilaku seperti di atas cenderung dikelompokkan sebagai anak yang memiliki kecerdasan kinestetik—kecerdasan yang  berkaitan dengan gerak tubuh—atau physical learner, yang menyerap informasi lewat, dan lebih tertarik dengan, aktivitas yang mengandung gerakan tubuh.          

        Anak Mama akan menyukai kegiatan olahraga, menari, bermusik, dan mungkin memiliki keterampilan motorik halus yang berkembang pesat. Kelak dia akan lebih menyukai pekerjaan yang tidak menuntutnya untuk melulu di belakang meja, seperti guru atau jagawana. Atau dia mungkin akan menggunakan keterampilan tangannya yang tinggi dengan menjadi chef atau musisi.

        Untuk membantu si kecil mengembangkan bakatnya, Mama bisa menyediakan banyak waktu untuknya melakukan beragam kegiatan fisik. Anak yang suka bergerak atau bergoyang-goyang dapat dengan mudah merasa bosan, jadi sebaiknya Mama membolak-balik jadwal aktivitasnya agar semua kegiatan selalu terasa segar. Anak-anak dengan kecerdasan kinetik juga akan senang mengeksplorasi musik lewat gerakan, jadi beri mereka kesempatan untuk menyanyi dan menari. Untuk mereka yang senang melatih keterampilan tangannya, beri mereka alat untuk menggambar, melukis, bermain manik-manik, atau pun proyek patung sederhana.

          Agar anak yang sepertinya selalu sibuk ini mendapatkan rasa tenang dan nyaman, cobalah Mama membangun ritual tidur yang menenangkan untuknya. Beri ia camilan seperti susu atau kue beras, satu-dua jam sebelum ia beranjak tidur, saran Judy Galbraith, penulis buku You Know Your Child Is Gifted When…. Setelah itu Mama bisa memandikannya dengan air hangat, membacakannya buku, dan memintanya tidur. Mendengarkan musik yang menenangkan saat lampu telah dimatikan juga bisa membantu anak Mama yang gelisah beristirahat dengan nyaman.