Ketahui Bakat Anak (3) - Calon Ahli Mesin dan Arsitek

By Santi Hartono, Jumat, 31 Oktober 2014 | 08:30 WIB
Ketahui Bakat Anak (3) - Calon Ahli Mesin dan Arsitek (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Saat harus mengembangkan bakat si kecil, sebagai orangtua, kita sebaiknya mengenali dan peka akan tanda-tanda dan juga aktivitas yang paling ia sukai. Jika tidak, kita akan kesulitan menemukan bakatnya yang terpendam, yang bisa terkubur jika tidak ditangani dengan tepat. Untuk menemukan cara mengetahui bakat tersembunyi pada balita, teruslah baca seri artikel ini. Kali ini tentang balita yang senang mengutak-atik.

Anak Mama punya dorongan yang kuat untuk mengerti bagaimana benda-benda berfungsi—ia senang menggerak-gerakkan tombol dan saklar. Dia juga senang menarik benda-benda sampai terpisah lalu mencari cara untuk membetulkannya. Dia suka membangun menara dengan balok mainan dan merasa sangat tertarik dengan mesin-mesin.  

        Nah, balita Mama mungkin bertipe visual-spatial learner—gaya belajar visual spasial. Seorang anak yang gemar mengutak-atik mungkin di kemudian hari akan menjadi mekanik, ahli mesin, arsitek, penemu, atau ilmuwan. Atau dia mungkin juga akan merancang benda-benda, dari perangkap tikus yang lebih canggih sampat laptop bercitarasa tinggi.

        Agar bakatnya semakin terasah, terus beri anak Mama balok atau mainan konstruksi lain yang bisa ia susun, robohkan, dan bangun lagi. Dorong ia untuk menciptakan sesuatu dari kardus kosong atau kotak tisu, atau apapun yang bisa ia temukan di sekitar rumah.

        Selain itu, Mama juga bisa mengajaknya ke tempat bermain yang dirancang untuk membebaskan anak mengeksplorasi kemampuan tangannya. Biarkan anak memuaskan rasa ingin tahunya akan bagaimana benda berfungsi dengan memberinya alat yang aman untuk dimainkan, seperti gembok dan kunci atau mainan yang punya banyak tombol dan saklar. Tunjuklah benda-benda mekanik, seperti lampu lalu lintas, saat Mama tengah berjalan-jalan dengannya.  

        Janga lupa untuk mengawasi terus si kecil, karena anak dengan tipe seperti ini akan berusaha meraih alat listrik atau mencoba mempelajari stop kontak dengan memasukkan pensil atau benda lain ke dalamnya.