Pengenalan Gender (2): Lewat Jenis Pakaian

By Ipoel , Rabu, 17 September 2014 | 22:00 WIB
Pengenalan Gender (2): Lewat Jenis Pakaian (Ipoel )

TabloidNakita.com - Pengenalan gender lewat jenis pakaian inilah salah satu cara yang paling mudah. Saat si kecil tumbuh menjadi anak balita, pada mereka sudah tertanam kebiasaan apa yang dipakai anak perempuan dan apa yang digunakan anak laki-laki, dan mereka mungkin enggan untuk menanggalkan jenis pakaian yang telah mereka pakai sejak kecil.

Contohnya begini. Anak perempuan biasanya sejak kecil dipuji karena pakaian yang mereka kenakan, jadi jangan heran jika putri Mama ngotot memakai gaun pesta saat pergi berkemah bersama teman-temannya. Mereka hanya ingin menjadi anak perempuan dan berusaha bergabung dengan anak-anak gadis lain di sekitar mereka. Pengenalan gender lewat jenis pakaian butuh perhatian khusus, jangan sampai anak salah paham.

Menyangkut pengenalan gender lewat jenis pakaian, saat masih balita, anak-anak cenderung memiliki pandangan yang cukup kaku tentang apa yang boleh dilakukan anak laki-laki dan mana yang untuk anak perempuan. Hal itu terjadi karena mereka telah mengidentifikasi diri mereka dengan gender tertentu, dan penting bagi mereka untuk bertingkah laku dalam cara yang mereka anggap konsisten dengan gender tersebut. Jika sudah berumur 5 atau 6 tahun, mereka akan mulai mengendorkan pandangan stereotipe mereka dan menyadari bahwa baik anak laki-laki maupun anak perempuan bisa melakukan banyak hal.