5 Kiat Agar Anak Akur Dengan Saudara Tiri

By Ipoel , Minggu, 29 Juni 2014 | 22:45 WIB
5 Kiat Agar Anak Akur Dengan Saudara Tiri (Ipoel )

TabloidNakita.com - Kehadiran saudara tiri kadang menimbulkan perpecahan. Berikut kiat agar anak akur dengan saudara tiri :

* Kiat agar anak akur dengan saudara tiri adalah dengan mencari kesamaan minat dan hobinya, dan ajaklah beraktivitas bersama. Lama-lama keakraban akan timbul dengan sendirinya.

* Bila tak ditemukan kesamaan minat, pilihlah aktivitas netral yang bisa dilakukan bersama. Bisa juga dengan melakukan aktivitas masing-masing yang dilakukan berbarengan secara bergantian. Yang penting semua terlibat dan saling menghargai. Siapa tahu mereka akan menemukan keasyikan baru, yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Kiat agar anak akur dengan saudara tiri bisa dicoba di rumah.

* Bila timbul persaingan di antara saudara tiri, berikan pengertian pada anak, bahwa tiap individu adalah unik, punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan begitu, anak bisa bersaing secara sehat.

* Bila mereka masih menunjukkan persaingan yang tidak sehat, lebih baik jangan disekolahkan di tempat yang sama. Apa yang dikatakan guru, lingkungan sekolah, dan teman-teman pergaulan bisa menambah masalah yang sudah ada.

* Bila di antara saudara tiri terdapat kesenjangan usia yang cukup jauh, orang tua harus menjadi jembatannya. Bisa terjadi, anak yang satu masih berumur 12 tahun (kelas 6 SD) sedang masih balita atau 1-5 tahun atau bahkan sudah SMU.

* Begitu pula pada kondisi misalnya, istri hanya membawa satu anak bawaan, sedang suami membawa 3 anak bawaan. Supaya yang banyak tidak "menekan" yang sedikit, orangtua mesti benar-benar menanamkan pada anaknya, mereka sekarang adalah satu keluarga dan bukan lagi keluarga kamu, keluarga aku. Kiat agar anak akur dengan saudara tiri dengan tidak membeda-bedakan satu sama lain.