Aneka Penyebab Orangtua Perlakukan Anak dengan Seragam

By Ipoel , Senin, 30 Juni 2014 | 05:00 WIB
Aneka Penyebab Orangtua Perlakukan Anak dengan Seragam (Ipoel )

TabloidNakita.com - Berikut aneka penyebab orangtua perlakukan anak dengan seragam:

*    Orangtua ingin mudahnya saja.

Salah satu penyebab orangtua perlakukan anak dengan seragam adalah orangtua yang ingin gampangnya aja. Bukankah membeli barang yang sejenis akan lebih mudah daripada membeli barang dengan model berlainan? Jika barangnya beda, tentu orang tua mesti mencari-cari lagi barang tersebut di tempat lain. Orang tua juga beranggapan anak-anak tidak tahu apa-apa, sehingga kalau ditanya, pasti menjawab, “Terserah Mama, deh,” sehingga orang tua pun selalu mengatur kebutuhan anak-anaknya.

*      Untuk kesenangan orangtua.

Biasanya orangtua senang melihat anak-anaknya berbaju seragam, karena anak terlihat lebih lucu dan menarik, apalagi jika mereka bepergian bersama. Sehingga sering kita temukan tiga anak dalam sebuah keluarga berbaju sama persis, meski umur mereka bertiga tidak sama.

*      Ingin menerapkan konsep adil kepada semua anak.

Penyebab orangtua perlakukan anak dengan seragam lainnya adalah karena  apa yang diberikan kepada si A, diberikan juga kepada si B. Hal ini dilakukan untuk mencegah kecemburuan di antara anak-anak. Padahal, konsep adil bukan berarti harus sama, tapi harus berlandaskan kebutuhan. Walaupun kakak-adik, meski usianya tak terpaut jauh, tapi kebutuhan mereka tidaklah sama. Belum lagi minat, selera, ataupun warna yang mereka sukai juga belum tentu sama. Jadi, seandainya orangtua menyuruh kedua anaknya untuk les piano, apakah hal itu sudah bisa dikatakan adil buat si anak? Bisa saja si kakak senang karena kursus tersebut cocok dengan bakatnya. Tapi buat si adik yang tak suka bermain piano, tentu ia akan merasa terpaksa dalam menjalaninya.

Mengingat dampak negatif yang ada, orangtua sebaiknya menyetop memperlakukan anak dengan seragam