Atasi Anak Yang Senang Mengejek

By Ipoel , Senin, 30 Juni 2014 | 07:00 WIB
Atasi Anak Yang Senang Mengejek (Ipoel )

TabloidNakita.com -  Bagaimana sikap orangtua untuk atasi anak yang senang mengejek? Berikut caranya:

*  Tegas

Segera tengahi bila nada bicara atau bercanda anak mulai kelewat batas. Jelaskan, ejekan atau omongannya sudah melampaui batas dan menyinggung perasaan. Ini cara bijak atasi anak yang senang mengejek.

*  Adil

Saat menengahi kakak-adik yang saling ejek, orang tua tak boleh berat sebelah. Si pengejek harus dinasehati/ditegur. Jangan mentang-mentang yang mengejek itu si adik, maka si kakak harus mengalah. Siapapun yang memulai, kalau sudah menyinggung masalah kelemahan fisik, harus ditegur. Jangan karena yang melakukannya anak kecil, orang tua menganggap bukan masalah, atau si kakak disuruh mengalah. Begitu pula bila yang melakukannya si kakak, jangan karena usianya lebih tua dapat seenaknya mengejek adik-adiknya. Atasi anak yang senang mengejek harus adil dan tak berpihak.

*  Konsisten

Maksudnya, jangan hanya melarang si kakak mengejek adiknya saja, tapi kalau mengejek tetangganya/orang lain didiamkan. Kepada siapa pun, entah adik, saudara, teman di sekolah, tetangga atau pembantu di rumah, anak tak boleh mengejek mereka.

*  Menjadi teladan anak

Perilaku orang tua harus sejalan dengan nasehat yang diberikan pada anak. Kendati sudah diberitahu, tapi jila tiap hari anak melihat sikap orang tuanya suka mengejek, maka sulit untukmengubah kebiasaan anak. Ingat, anak perlu contoh bagus dari orang tua! Artinya atasi anak yang senang mengejek dimulai dari sikap orangtua sendiri.