Stimulasi Agar Anak Pandai Matematika

By Ipoel , Kamis, 6 Agustus 2015 | 10:00 WIB
Stimulasi Agar Anak Pandai Matematika (Ipoel )

Nakita.id -  Agar anak pandai matematika, berarti konsep matematika harus dikenalkan sejak dini.

Pengenalan matematika bisa dilakukan sejak usia 2—6 tahun.

Pada usia ini menurut teori kognitif Jean Piaget, anak berada pada tahap praoperasional konkret; ia mampu menggunakan bahasa dan pemikiran simbolik.

Di usia prasekolah ini pula kecerdasan logis matematis perlu lebih dikembangkan agar ia anak pandai matematika, karena anak diharapkan mampu melakukan tugas-tugas sederhana yang mungkin saja mengandung beberapa persoalan yang harus dipecahkannya.

Contoh, saat anak selesai bermain dan harus merapikan mainannya, maka ia tahu bagaimana memilah mainannya berdasarkan tipenya.

Umpama, mobil-mobilan dari ukuran yang kecil hingga besar. 

Tentunya, perkembangan berpikir dan kemampuan menalar setiap anak berbeda, sehingga cara mengajarkan matematika juga berbeda.

Jadi, perkenalkan matematika sesuai dengan kemampuan berpikir masing-masing anak. Carilah cara-cara kreatif dan menyenangkan.

Lakukan dengan pendekatan konkret, lewat beragam permainan dan kegiatan sehari-hari di rumah.

Selain itu, orangtua harus bersikap sabar dan telaten, tidak memaksakan kehendaknya.

Ajarkan pada anak kapan saja di saat ia relaks dan di mana saja. Perhatikan pula faktor keamanan dan alat peraga yang akan digunakan.

Baca Juga: Tak Perlu Pusing Ajari Anak Soal Berhitung, #FamilyQuality Ini Bisa Bantu Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak