Ini Ciri Anak Berbakat Jadi Pemimpin

By Ipoel , Kamis, 3 Juli 2014 | 12:00 WIB
Ini Ciri Anak Berbakat Jadi Pemimpin (Ipoel )

TabloidNakita.com - Anak yang berbakat menjadi pemimpin akan mudah meraih kesuksesan kelak. Berikut ciri anak anak berbakat jadi pemimpin :

1.  Kemandirian.

Latih kemandirian anak sesuai tahapan usianya. Latihan kemandirian ini penting sebagai dasar mengatasi konflik  dan kemampuan bergaul. Anak berbakat jadi pemimpin biasanya lebih mandiri, bagaimana mau memimpin bila dirinya tidak mandiri.

2.  Kemampuan verbal.

Anak-anak dengan kemampuan verbal yang baik bisa mengungkapkan apa yang dipikirkannya, ini penting sebagai dasar untuk memimpin teman-temannya. Anak-anak dengan kecerdasan bahasa umumnya bisa menjadi negosiator yang baik. Bila anak pandai bicara tandanya anak berbakat jadi pemimpin.

3.  Kejujuran

Kejujuran adalah modal penting bagi seorang pemimpin. Jujur adalah keberanian untuk mengungkapkan sesuatu sesuai dengan kondisi sebenarnya. Sifat jujur awalnya ditumbuhkan dengan memberikan kepercayaan kepada anak, misalnya dalam mengelola waktu untuk belajar, bermain, melakukan hobi, dan beristirahat. Kejujuran juga ditumbuhkan dalam komitmen mengerjakan tugas dengan jerih payahnya sendiri serta kemampuan menahan godaan untuk tidak melanggar hak/milik orang lain.

4.  Integritas

Integritas adalah kemampuan untuk melaksanakan tugas yang diemban secara total atau penuh dedikasi. Untuk menumbuhkan sifat integritas pada anak, biasakan ia mengukur kemampuan dirinya. Umpama, minta anak menyusun mainan, tujuannya agar mainannya tidak berantakan. Tanyakan, apakah ia mampu mengerjakan sendiri dan berapa lama waktu yang dibutuhkan? Menghadapi tawaran ini diharapkan anak akan berusaha mengukur kemampuannya. Bila dirasa mampu, maka ia dapat menentukan target waktu untuk menyelesaikan. Selanjutnya, diharapkan ia dapat mengerjakannya secara total agar mencapai target yang telah disepakati bersama.

5.  Keadilan