Mengatasi Anak Kecanduan TV

By Ipoel , Minggu, 29 Juni 2014 | 12:00 WIB
Mengatasi Anak Kecanduan TV (Ipoel )

TabloidNakita.com - Bagaimana cara mengatasi anak kecanduan tv? Berikut solusinya:

Cara mengatasi anak kecanduan tv, mau tak mau orangtua harus tegas, batasi maksimal 2 jam, tapi jika memungkinkan, cukup 30 menit saja. Tentunya diperlukan juga keteladanan dari orangtua, jangan sampai  anak dilarang menonton teve tapi orangtua atau orang lain di rumah menikmati tv dengan bebas hingga berjam-jam.

Anak kecanduan tv membuatnya senang menonton semua program tv. Padahal, tidak semua program tv layak ditonton anak. Beri penjelasan pada anak mana program yang baik untuk anak usianya dan mana yang tidak. Bisa juga dengan bertanya pada anak, film apa atau acara apa yang mereka suka. Pertimbangkan apakah acara tersebut pantas atau tidak untuk anak seusia mereka. Yang pasti, jangan melarangnya menonton tanpa alasan jelas. Sikap otoriter orangtua justru akan membuat anak penasaran dan semakin gandrung pada televisi. Menyusun jadwal harian dengan anaktermasuk kapan dan acara televisi apa yang layak ditonton merupakan langkah yang lebih bijak.

Mengatasi anak kecanduan tv, hindari memberi fasilitas teve di kamar anak. Letakkan tv di ruang keluarga. Jadi, selain bisa menghindari anak nonton seharian, orangtua pun dapat melakukan pengawasan akan program yang ditontonnya. Ciptakan juga aktivitas yang lebih menarik ketimbang menonton tv. Perhatikan minat anak dan temani anak melakukan kegiatan yang bermanfaat dan tentu saja disukainya.

Sama seperti hendak bermain di luar rumah, orangtua bisa mengajarkan, meminta izin sebelum menonton tv. Dengan begitu, kecanduan teve dapat dihindari.

Dukungan lingkungan sosial juga tak kalah penting dalam mengatasi anak kecanduan tv. Membatasi anak menonton teve sementara teman-teman si kecil bebas memelototi kotak ajaib itu, maka nyaris tidak ada gunanya. Sebab boleh jadi anak tidak menonton di rumah, tetapi di rumah temannya. Karena itu, kerja sama antarorangtua di lingkungan rumah atau keluarga besar sangat penting dilakukan.

Jangan lupa dampingi si kecil saat menonton teve. Jelaskan hal positif atau negatif yang dilihat anak dari televisi. Ajak mereka untuk menilai karakter tokoh utamanya dan kelakuan tokoh lain dalam acara itu secara positif. Dengan begitu efek buruk tayangan bisa dihindari, sementara dampak positifnya bisa ditiru.