3 Hal Ini akan Membuat Anak Manja

By Ipoel , Sabtu, 28 Juni 2014 | 12:00 WIB
3 Hal Ini akan Membuat Anak Manja (Ipoel )

TabloidNakita.com - Ada 3 bentuk yang akan membuat anak manja, yaitu:

1. Memberikan Fasilitas Superlengkap Membuat Anak Manja

Fasilitas yang superlengkap akan membuat anak manja karena terbiasa dengan kesenangan sehingga suatu saat fasilitas itu hilang, anak akan merasa tersiksa. Umpama, ke mana pun anak pergi harus diantar supir dengan mobil yang nyaman. Padahal anak perlu dikenalkan betapa tidak nyamannya naik kendaraan umum supaya ia memahami, banyak orang yang tidak seberuntung dirinya sehingga muncullah empati. Jika suatu saat ia tak bisa diantar supir, ia akan merasakan siksaan kehilangan kenyamanan itu. Anak pun cenderung manja

2. Manja karena Semua Kebutuhannya Dilayani

Ini semua akan membuat anak manja. Ada lo orangtua yang menyediakan seorang pengasuh untuk setiap anaknya. Tugasnya tak lain melayani semua kebutuhan anak, dari makan, mandi, berpakaian, merapikan kamar, menyiapkan buku pelajaran, dan lainnya. Pelayanan ini sekilas menguntungkan tetapi sebenarnya merugikan anak karena ia terdidik menjadi anak yang tidak mandiri. Padahal, kemandirian sangat diperlukan supaya anak dapat menolong dirinya sendiri jika suatu saat tidak ada orang lain yang dapat menolongnya.

3. Mengambil alih semua permasalahan anak.

Saking tak ingin anaknya susah, orangtua lantas mengambil alih semua permasalahan anak tanpa memberikan kesempatan sedikit pun pada anak untuk mengatasinya sendiri. Akibatnya, sosok anak manja muncul karena ia memiliki ketergantungan yang tinggi pada orangtua. Ia pun tak mendapatkan proses pembelajaran dimana ia berhasil mengatasi masalah yang muncul. Ketergantungan ini kelak akan menciptakan pribadi lemah yang tidak mampu bersaing di tengah persaingan global.