Anak Senang Mengurutkan Sesuatu dan Mengelompokkan

By Ipoel , Sabtu, 28 Juni 2014 | 12:00 WIB
Anak Senang Mengurutkan Sesuatu dan Mengelompokkan (Ipoel )

TabloidNakita.com - Di masa balita, anak senang mengurutkan sesuatu dan mengelompokkan. Apa manfaat bermain keduanya bagi anak? 

1. MENGELOMPOKKAN SESUATU

Anak mampu mengelompokkan sesuatu, entah benda, warna, bentuk, maupun ukuran. Manfaatnya, anak terlatih untuk bisa berpikir secara logis.

Stimulasi Mengelompokkan Sesuatu:

Stimulasi mengelompokkan sesuatu dengan menciptakan permainan yang dapat mengasah kemampuan kognitif dalam hal pengelompokan ini. Umpama, mengajak anak mengumpulkan mainan yang dimilikinya berdasarkan persamaan warna, atau mengumpulkan benda-benda yang ada di rumah berdasarkan ukuran tertentu. Bila hal ini sering kita lakukan pada anak, maka semakin lama anak semakin mampu melakukan pengelompokan ke tingkat yang lebih tinggi, semisal mengelompokkan atas dasar dua hingga tiga dimensi. Contoh, mengelompokkan berdasarkan bentuk dan warna sekaligus (2 dimensi).

2. MENGURUTKAN SESUATU

Anak mampu mengurutkan sesuatu atau menyusun menurut rangkaian atau urutan tertentu (sequence). Permainan yang menunjang hal ini, contohnya bermain menyusun menara gelang. Tahap perkembangan kognitif ini bila diasah dengan baik akan menghasilkan sistematika logika berpikir yang baik.

Stimulasi Mengurutkan Sesuatu:

Ajak anak mengurutkan sesuatu sesuai yang kita contohkan. Misal, kita mengurutkan kubus, segitiga, lingkaran, silinder, lalu minta anak melanjutkan urutan tersebut dengan pola yang sama. Intinya, buatlah permainan mengelompokkan benda berdasarkan urutan besar ke kecil, kecil ke besar, urutan warna, urutan bentuk, dan lainnya. Melalui stimulasi ini, kelak anak akan mampu dan mudah mengerti/memahami aturan-aturan tertentu yang akan dia temui, mudah belajar membaca (sebab kata-kata yang dibaca/ditulis terdiri atas susunan huruf dengan pola tertentu), serta mudah mencerna pelajaran yang berhubungan dengan bilangan (karena sudah diperkenalkan dengan pengertian mana yang lebih kecil, lebih besar, urutan, dan seterusnya).