Ini Cara Agar Kecerdasan Anak Maksimal

By Ipoel , Selasa, 24 Juni 2014 | 11:19 WIB
Ini Cara Agar Kecerdasan Anak Maksimal (Ipoel )

TabloidNakita.com - Perkembangan kognitif erat kaitannya dengan kecerdasan. Ini cara agar  perkembangan kognitif yang erat kaitannya dengan kecerdasan berkembang  maksimal. Berikut stimulasi  untuk perkembangan kognitif anak:* Menaruh perhatian terhadap pertanyaan-pertanyaan anak dan meresponsnya dengan jawaban yang tepat

* Berikan pertanyaan yang memancing anak untuk berpikir. Dengan begitu, perkembangan kognitif anak akan berkembang optimal. 

* Ciptakan lingkungan yang mendorong pembelajaran, antara lain dengan menyediakan alat/media untuk stimulasi, seperti buku, mainan (tak perlu mahal), dan ruang untuk bermain.

* Beri kesempatan pada anak untuk mengeskplorasi lingkungan sekitarnya. Hal ini terutama penting untuk anak-anak yang lebih muda (batita) dimana mereka lebih banyak belajar dengan melihat apa yang ada di lingkungannya. Kecerdasan dan perkembangan kognitif akan ikut terasah.* Selain stimulasi, agar kecerdasan dan perkembangan kognitif berkembang optimal, faktor nutrisi juga harus mendapatkan perhatian besar. Ketahuilah, dalam perkembangan otak, ada periode yang dikenal sebagai periode pacu tumbuh otak (brain growth spurt), yakni ketika usia kehamilan ibu memasuki trimester tiga dan setelah bayi lahir hingga berusia 2 tahun. Bila pada masa ini tak didukung dengan nutrisi yang baik, dapat dipastikan anak akan mengalami keterlambatan perkembangan kognitif. Kecerdasan anak pun akan terancam.