Rambu Berolahraga Bagi Anak

By Ipoel , Selasa, 24 Juni 2014 | 11:18 WIB
Rambu Berolahraga Bagi Anak (Ipoel )

TabloidNakita.com - Bagaimana rambu olahraga untuk anak, berikut penjelasannya:

RAMBU1 : LATIHAN OLAHRAGA BERAGAM

* Pilihlah olahraga yang sesuai dengan usia anak. Pasalnya, kemampuan anak balita masih terbatas, baik fisik (gerak motoriknya), psikis, dan kemampuannya berkomunikasi.

*Lakukan olahraga aktivitas (latihan jasmani) yang beragam, mengingat tidak ada satu pun jenis latihan jasmani/olahraga yang dapat memberi semua manfaat yang baik untuk anak. Keragaman olahraga akan memberi berbagai manfaat sekaligus menawarkan  berbagai pilihan kepada anak untuk menyukai suatu jenis kegiatan olahraga.

*Umumnya, anak-anak menyukai permainan. Dengan demikian, kegiatan olahraga untuk anak sebaiknya dilakukan seperti halnya melakukan permainan. Kegiatan olahraga yang dapat dilakukan beramai-ramai juga biasanya menyenangkan dan membangkitkan motivasi anak untuk terus melakukan olahraga.

RAMBU 2: LAKUKAN OLAHRAGA BERTAHAP

Lakukan olahraga secara bertahap, mulailah dari pemanasan 5-10 menit, diikuti dengan latihan inti minimal 20 menit dan diakhiri dengan pendinginan selama 5-10 menit. Frekuensi olahraga sebaiknya dilakukan secara teratur 3-5 kali per minggu. Mulailah dengan olahraga semampunya, tambahkan waktu latihan secara perlahan-lahan dan bertahap. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh (endurence) perlu waktu antara 1/2-1 jam, sedangkan untuk membakar lemak perlu waktu olahraga lebih lama (lebih dari satu jam).

RAGAM OLAHRAGA UNTUK ANAK