Terapi Alternatif Agar Bisa Hamil

By Heni, Senin, 2 Juni 2014 | 05:00 WIB
Terapi Alternatif Agar Bisa Hamil (Heni)

TabloidNakita.com- Dewasa ini terapi alternatif semakin populer saja di dunia medis, termasuk meningkatkan peluang agar  bisa hamil. Sudah banyak pula dokter yang menggabungkan terapi alternatif dengan obat tradisional untuk mengatasi berbagai kondisi. Pengobatan tradisional, termasuk di Indonesia, tak hanya meredakan rasa sakit, tapi juga mampu meningkatkan peluang agar bisa hamil. Namun, semakin banyaknya jenis terapi alternatif yang berkembang di luar sana menuntut kita untuk pintar-pintar memilih. Di bawah ini ada beberapa jenis terapi alternatif agar bisa hamil yang layak diikuti calon ibu karena aman dilakukan dan jelas manfaatnya.

YogaLatihan relaksasi ini tujuannya meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, seperti ovarium (indung telur) dan vagina. yang selanjutnya membuat sel-sel mendapat oksigen dengan baik dan meningkatkan kualitas sel telur Anda. Ditambah lagi, yoga membantu Anda memerangi rasa stres. Penelitian menyebutkan, stres berkaitan erat dengan ketidaksuburan. Perempuan yang mudah stres lebih kecil kemungkinannya untuk bisa hamil, sebab hormon stres diketahui dapat mematikan sistem reproduksi. Nah, dengan rutin latihan yoga, Anda dapat menurunkan tekanan darah secara alami, mengubah respons fisiologis terhadap stres, bahkan meningkatkan sistem sirkulasi tubuh (yang sering dianggap sebagai penyebab ketidaksuburan).

 Akupuntur

Sama seperti yoga, akupuntur pun berfungsi mengurangi kecemasan dan depresi. Teknik akupuntur adalah salah satu terapi alternatif yang tengah naik daun di antara pasangan yang mencoba untuk hamil. Ini alasannya: Penelitian menunjukkan, perempuan yang mendapatkan perawatan akupuntur saat menjalani program IVF (In Vitro Fertilization atau bayi tabung), sesungguhnya mengalami peningkatan peluang hamil sebesar 65 persen. Tak hanya berhasil pada perempuan, akupuntur juga terbukti membantu sistem reproduksi laki-laki. Sebagai pengingat, gagalnya kehamilan yang sering dihadapi banyak pasangan, 20 persen disebabkan oleh pasangan laki-laki saja.

Pijat kesuburan

Penelitian mengungkapkan, sekitar 6,1 juta perempuan di Amerika Serikat mengalami kasus sulit hamil dan keguguran karena terjadi penyumbatan di tuba falopi (saluran indung telur) mereka. Pijat kesuburan adalah terapi alternatif yang cukup populer untuk memecah penyumbatan tersebut dan berakibat meningkatkan peluang agar hamil,  alih-alih mengeluarkan biaya besar untuk operasi.  Memang, para ilmuwan belum bisa membuktikan apakah pijat kesuburan ini benar-benar efektif memecah penyumbatan atau tidak. Meskipun begitu, pijatan kesuburan masih mempunyai banyak manfaat lain, di antaranya menurunkan tingkat stres dan denyut jantung, melembutkan jaringan ikat (berguna untuk mengatasi masalah kelenjar getah bening, jaringan parut, juga perlengketan saluran), dan faktor-faktor lain yang dapat memblokir aliran darah ke seluruh tubuh.

Hipnoterapi

Ini adalah salah satu terapi alternatif yang dianggap paling sukses. Padahal kunci keberhasilannya sederhana saja: Mampu redakan kecemasan dan stres, sama seperti yoga dan akupuntur. Tiap-tiap hipnoterapis bekerja dengan cara berbeda. Tapi intinya, mereka bertugas menanamkan “sugesti” positif dalam pikiran saat Anda sedang berada di bawah pengaruh hipnotis. Pernyataan-pernyataan atau kalimat yang diucapkan bertujuan membuat Anda merasa lebih tenang dan lebih percaya diri. Bagusnya, kalimat-kalimat tersebut bisa Anda ingat kembali untuk mengelola tingkat stres Anda sendiri di kemudian hari. Masih ragu juga? Pertimbangkan ini: Sebuah studi mencatat, tingkat keberhasilan terapi IVF menjadi dua kali lipat, dari 14 persen menjadi 28 persen, pada perempuan yang menjalani IVF dan hipnoterapi pada waktu yang sama.

 Ramuan herbal Cina dan jamu tradisional

Sekitar 10-15 persen kasus infertilitas atau ketidaksuburan masuk dalam kategori “ketidaksuburan yang tak dapat dijelaskan”. Dengan kata lain, tak ada alasan fisik yang menyebabkan ketidaksuburan. Kondisi ini akhirnya mendorong banyak pasangan untuk mencoba obat homeopati, seperti jamu, sebagai terapi alternatif. Jamu tradisional untuk kesuburan dan ramuan herbal Cina biasanya diracik secara holistik untuk mendorong hormon tubuh Anda bekerja sama dengan baik. Sebelum Anda memutuskan minum jamu tradisional, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan ahli endokrinologi reproduksi (pakar hormon reproduksi). Anda mungkin akan mendapat informasi darinya mengenai ahli akupuntur yang bisa memberi rekomendasi jamu atau ramuan herbal Cina untuk terapi alternatif kesuburan.

 Chiropractic

Beberapa penelitian mengindikasikan bahwa chiropractic (pembenahan terhadap tulang belakang dan area lain di tubuh) dapat meningkatkan kesuburan. Bagaimana caranya? Saraf yang menuju sistem reproduksi menjalar melalui tulang belakang. Jika saraf-saraf ini posisinya tidak lurus atau tidak sejajar, chiropractic dapat membantu membenahinya sehingga meningkatkan keseimbangan hormon dan meningkatkan kemungkinan hamil. Ingat, penelitian akan chiropractic dan kesuburan masih sangat baru, jadi tak ada jaminan teknik ini akan berhasil. Namun, jika Anda berniat mencoba terapi alternatif ini, pilihlah ahli chiropractic yang sudah punya reputasi. Teknik penyesuaian tulang belakang adalah pekerjaan yang sangat rumit dan berisiko. Anda pasti tak ingin ditangani oleh orang yang salah.

 Deasy Christina Siallagan