Jangan Hanya Pikirkan Kesuburan Perempuan, Para Ayah juga Perlu Melakukan Ini Agar Subur!

By Faras, Selasa, 5 September 2017 | 07:20 WIB
5 Cara Ampuh Tingkatkan Kesuburan Pria (Faras)

Nakita.id - Kesuburan tak hanya melulu soal perempuan. Agar bisa hamil, Ayah juga perlu subur dan tubuhnya juga siap agar proses pembuahan berhasil. Untuk itu, Ayah perlu melakukan hal-hal berikut ini agar meningkatkan kesuburan: 

1.Tetap rileks

Tahukah Ibu bahwa stres mengganggu produksi sperma? Pastikan suami tidur cukup dan berolahraga dengan porsi sedang. Olahraga berat tidak baik karena dapat menurunkan level testosteron dan justru membuat pasangan Anda jadi kurang subur. Latihan relaksasi seperti meditasi dan pernapasan juga amat disarankan.

2. Hindari suhu panas. Sauna, mandi uap, dan berendam air panas memang ampuh merelaksasi tubuh. Namun, demi meningkatkan kualitas sperma cara relaksasi ini perlu dihentikan sementara waktu. Sebab suhu cukup tinggi bisa berdampak pada menurunnya jumlah dan kualitas sperma. Beberapa kebiasaan, seperti meletakkan laptop secara langsung di pangkuan juga dapat meningkatkan suhu pada skrotum dan menyebabkan penurunan produksi sperma. 3.Hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan merokok dan minum alkohol tak hanya memperpendek usia, tapi juga menurunkan jumlah sperma secara signifikan. Konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan jangka waktu panjang menyebabkan ketidaksuburan. Zat dalam rokok juga menurunkan gairah seks, membuat frekuensi bercinta Anda dan pasangan menjadi lebih sedikit. Siapa yang mau?

4. Tingkatkan asupan nutrisinya

Produksi dan kualitas sperma akan meningkat apabila pasangan tercukupi kebutuhan nutrisinya, antara lain vitamin A, C, D, E, B12, zinc, selenium, asam folat, asam lemak omega-3. Sebaliknya, asupan makanan yang tidak sehat dan tidak teratur dapat menyebabkan kegemukan. Penelitian menunjukkan, obesitas pada pria berkaitan erat dengan penurunan jumlah dan kualitas sperma. Sperma menjadi cacat atau rapuh, sehingga tidak mampu mencapai dan menembus sel telur. Pastikan pasangan ternutrisi dengan baik melalui pola diet yang tepat, konsumsi makanan yang sehat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, serta dibantu asupan multivitamin harian.