Agar Lancar Menyusui Saat Puasa

By Ipoel , Sabtu, 20 Juni 2015 | 02:00 WIB
Agar Lancar Menyusui Saat Puasa (Ipoel )

TANYA:

Agustina Fitriati

Mau tanya Dok, sudah 3 tahun terakhir saya tak berpuasa. Saat tahun 2011 saya hamil anak pertama, bulan puasa ketika usia kandungan 8 bulan. Tahun 2012, saya tak puasa lagi karena sedang menyusui. Lalu, tahun kemarin saya tak puasa karena hamil anak kedua. Nah, di tahun ini saya ingin berpuasa, Dok. Bagaimana agar lancar menyusui saat puasa? Pasalnya, usai menyusui, nafsu makan saya meningkat drastis, dalam satu hari bisa 4-5 kali makan nasi, belum termasuk ngemil.

JAWAB: 

Mama menyusui boleh saja berpuasa, selagi kondisi Mama dan bayi sehat. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kebutuhan Mama dan bayi tetap terpenuhi, sekaligus Mama tetap sehat selama berpuasa. dengan begitu, Mama dapat lancar menyusui saat puasa

Pada dasarnya bayi bisa menyusu kapan saja meskipun Mama berpuasa. Namun, ketika berpuasa produksi ASI akan berkurang dan pada waktu berbuka produksi ASI akan melimpah. Karena itu, usahakan bayi lebih banyak menyusu pada waktu malam setelah berbuka hingga waktu sahur.

Pastikan Mama makan sebanyak 3 kali sehari, yaitu ketika sahur, berbuka puasa, dan menjelang tidur setelah salat Tarawih. Mama  menyusui perlu mengonsumsi 50% karbohidrat, 20% lemak, dan 30% protein agar bisa menghasilkan ASI yang berkualitas.

Saat berpuasa cairan tubuh akan berkurang 2-3%, jadi Mama harus memperbanyak minum air putih pada saat berbuka dan sahur. Kondisi psikologis Mama  juga harus diperhatikan selama menyusui karena hal ini berhubungan dengan kelancaran produksi ASI. Usahakan untuk ikhlas dan menikmati ibadah puasa sehingga tidak menjadi suatu beban psikologis yang dapat merugikan produksi ASI.