Puasa Mempengaruhi Berat Janin?

By Ipoel , Rabu, 17 Juni 2015 | 04:00 WIB
Puasa Mempengaruhi Berat Janin? (Ipoel )

TANYA:

Eva Yoty

Dok, saat ini saya hamil 33 minggu. Saya bekerja. Rencana cuti pada awal Juli karena HPL (Hari Perkiraan Lahir) dari dokter 15 Juli. Saya berniat puasa. Apakah dengan kandungan besar seperti ini, puasa memengaruhi berat badan janin? Saya “hamil kebo” dan suka makan, Dok.

Oh ya, seminggu terakhir ini saya merasa nyeri di bagian perut bawah. Saya khawatir dengan kondisi tersebut bila berpuasa.  Apakah saya perlu minum vitamin tambahan agar lebih fit dan bugar saat puasa? Saya suka buah-buahan Dok.

JAWAB: 

Puasa mempengaruhi berat badan janin? Pada usia kehamilan trimester tiga kebutuhan nutrisi janin memang lebih meningkat. Namun hal itu tidak menjadi suatu hambatan bagi calon mama untuk tetap berpuasa, selagi kondisi kesehatannya memungkinkan.

Rasa nyeri yang Mama rasakan di perut bagian bawah bisa saja merupakan suatu tanda kontraksi palsu. Hal ini bisa disebabkan oleh aktivitas berlebihan  ataupun Mama mengalami dehidrasi (kekurangan cairan). Apabila Mama berniat berpuasa, ada baiknya untuk menambah asupan nutrisi pada waktu sahur dan berbuka. Suplemen vitamin yang perlu diminum selama berpuasa sama saja dengan suplemen prenatal yang biasa Mama minum selama  kehamilan.