Kiat Lancar Puasa Saat Hamil

By Ipoel , Kamis, 25 Juni 2015 | 08:00 WIB
Kiat Lancar Puasa Saat Hamil (Ipoel )

TabloidNakita.com - Ingin lancar puasa saat hamil, berikut kiat dr. Frizar Irmansyah, SpOG(K) dari RS Pusat Pertamina, Jakarta:

1. ATUR POLA MAKAN IBU HAMIL SAAT PUASALancar puasa saat hamil  berkaitan dengan pola makan. Pola makan Mama hamil sama seperti tidak berpuasa, hanya saja waktunya yang berubah. Makan pagi diganti dengan sahur, makan siang dengan makan saat berbuka, dan makan malam dengan makan seusai ibadah Tarawih. Makanan yang disantap saat sahur, berbuka, dan malam harus tetap mengandung prinsip makanan seimbang dengan jenis karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Jangan lupa jaga kecukupan cairan, asam folat, zat besi, kalsium, dan mineral penting lainnya.

2. INGIN PUASA? LAKUKAN PEMERIKSAAN KEHAMILAN SECARA TERATUR

Mama hendaknya melakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter/bidan untuk memantau kondisi fisik Mama. Dengan begitu, mama bisa lancar puasa saat hamil. Saat berpuasa, apakah merasakan ketidaknyamanan, seperti lemas, mual-muntah yang berlebihan? Bila kondisi itu terjadi, sebaiknya Mama tidak berpuasa. Lakukan pula pemeriksaan bagi janin untuk mengetahui, apakah janin mengalami gangguan pertumbuhan? Bila pertumbuhan janin mengalami perkembangan, pertanda tidak berdampak negatif terhadap janin. Sebaliknya, bila janin tidak mengalami pertumbuhan, sebaiknya puasa dihentikan.

3. BERAKTIVITAS FISIK SAAT BERPUASA 

Agar lancar puasa saat hamil Mama disarankan melakukan latihan kebugaran kurang lebih 30 menit per hari. Latihan dapat dilakukan pagi atau sore menjelang berbuka. Latihan kebugaran bermanfaat untuk memecah cadangan glukosa agar masuk ke dalam darah. Dengan masuknya cadangan glukosa ke dalam darah, Mama tidak akan kelaparan. Jadi, tidak akan lemas dan janin pun mendapat asupan makanan.

4. HINDARI AKTIVITAS BERLEBIHAN SAAT PUASA 

Agar kondisi tubuh tetap prima, hindari melakukan aktivitas yang berlebihan dan membutuhkan energi ekstra. Alangkah baiknya, kurangi aktivitas di lapangan dan luangkan waktu untuk beristirahat. Lancar puasa saat hamil pun didapat.

 

5. PEDOMAN MAKAN DAN MINUMAN KALA PUASA 

• Pilih makanan yang mengandung protein dan lemak dalam jumlah cukup karena dapat bertahan lebih lama di pencernaan sehingga memperlambat rasa lapar di siang hari. Contoh: mengonsumsi daging yang tinggi kandungan kalori dan proteinnya sehingga dapat disimpan tubuh dalam waktu cukup lama.

• Hindari minuman yang merangsang pengeluaran cairan, seperti: kopi atau teh. Pasalnya, kandungan kafein yang terdapat pada minuman akan merangsang tubuh mengeluarkan cairan (buang air kecil).

• Usahakan mengonsumsi makanan kaya vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh.

• Upayakan minum air sebanyak-banyaknya. Untuk menyiasati kekurangan cairan, Mama disarankan mengonsumsi buah-buahan dan jus.

• Perhatikan porsi makan saat sahur, jangan terlalu banyak. Cobalah makan sedikit tapi sering karena daya tampung lambung Mama tidak banyak akibat tertekan oleh rahim. Selain juga akibat pengaruh hormon pada masa kehamilan, gerakan peristaltik usus melambat. Akibatnya, Mama cepat kenyang dan merasa penuh di bagian perutnya.

•  Awali dengan minuman hangat dan manis untuk meningkatkan kadar gula darah.

•  Jangan langsung makan terlalu banyak, makanlah sedikit tapi sering karena  Mama mudah merasa kenyang akibat gerakan peristaltik usus yang melambat lantaran pengaruh hormon pada masa kehamilan. 

•  Upayakan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar kebutuhan janin untuk tumbuh kembangnya dapat terpenuhi.

 Dengan berbagai cara di atas, diharapkan Mama  lancar puasa saat hamil.