Perkembangan Janin Minggu Ke-8

By Faras, Jumat, 4 Juli 2014 | 12:00 WIB
Perkembangan Janin Minggu Ke-8 (Faras)

Perkembangan Janin:

Panjang janin mencapai kisaran 27-31 mm. Namun di akhir minggu ke-8 ini, panjangnya mendekati 40 mm dengan berat janin sekitar 5 gram. Di minggu ini janin tumbuh sangat cepat. Banyak bagian-bagian penting yang berkembang, semisal jantung sudah mencapai bentuk akhir. Permulaan dari rangka tubuh secara keseluruhan atau lengkap juga muncul dalam minggu ini.

Otaknya yang berkembang pesat membuat bagian kepala sangat besar jika dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Otak mulai berfungsi berupa mengirimkan sinyal-sinyal ke organ tubuh. Sistem saraf pun sudah dapat menerima rangsangan.

Bentuk mata sudah terlihat jelas, sementara kelopak mata masih terus berproses. Retina sudah terpigmentasi. Meski begitu, mata janin belum bisa menerima rangsangan cahaya. Daun telinga dan telinga sudah terbentuk. Langit-langit mulut sudah memisahkan rongga hidung dan rongga mulut. Bintil-bintil pengecap untuk membedakan rasa mulai terbentuk pula. Calon-calon gigi mulai tampak di dalam gusi.

Mayoritas persendian terus berproses, termasuk pergelangan tangan dan pergelangan kaki. Terlihat pula jari-jari tangan dan kaki mulai terpisah satu sama lain. Tampak telapak kaki menyerupai kipas lantaran jari-jarinya mulai terbentuk memanjang.

 

Catatan:

Deteksi Sindroma Down & Talasemia

Deteksi dapat dilakukan pada usia kehamilan 8-12 minggu, melalui pemeriksaan CVS (Chorionic Villus Sampling). Caranya dengan mengambil sampel sel-sel bakal plasenta lewat perut (transabdominal), menggunakan jarum yang ditusuk melalui dinding perut si ibu. Bisa juga diambil melalui leher rahim (transervikal) dengan menggunakan pipa tipis yang dimasukkan ke vagina dan melewati leher rahim. Sayangnya, pemeriksaan CVS berisiko keguguran, menimbulkan deformitas (cacat) anggota gerak janin, dan hasil analisanya pun belum 100% benar (jadi masih mungkin salah). Oleh karena itu, dokter dan calon ibu harus memperhitungkan benar-benar untung dan ruginya sebelum melakukan pemeriksaan CVS.

 

Perubahan Pada Calon Ibu:

Jadi Lebih Emosional