Suami Perlu Dampingi Saat Istri Bersalin

By Faras, Jumat, 20 Juni 2014 | 13:00 WIB
Suami Perlu Dampingi Saat Istri Bersalin (Faras)

TabloidNakita.comMendampingi istri saat bersalin merupakan penting dilakukan untuk kelancaran persalinan. Berikut panduan bagi suami kala mendampingi istri saat bersalin:

* Penting diingat, keberadaan suami di sisi istri yang tengah berjuang menghadirkan si buah hati ke dunia sangatlah penting dalam menciptakan rasa aman dan nyaman. Jangan bingung kalau Anda tak tahu harus berbuat apa. Percayalah pada intuisi sendiri dan lakukan tindakan yang dibutuhkan segera bila istri menginginkannya. Mendampingi istri saat bersalin adalah hal penting. 

* Mendampingi istri saat bersalin artinya beradalah di sisinya agar setiap saat ia membutuhkan, Anda senantiasa ada dan siap membantunya. Di sisi lain, berilah ruang yang cukup ketika ia ingin menikmati dunianya sendiri.

* Mendampingi istri saat bersalin harus sabar total. Kalaupun ia terkesan ketus dan menjengkelkan, terimalah dengan besar hati. Maklumi bahwa ia sedang mengalami ketegangan luar biasa.

* Ucapkan hanya kata-kata positif yang membangun semangat saat mendampingi istri saat bersalin. Hindari kata-kata pedas, kritik tajam atau apa pun yang bernada melecehkan. Yang dibutuhkannya saat itu hanyalah pendamping yang mampu menenangkan dirinya.

* Jangan lupa, berdoalah untuk keselamatannya dan si buah hati. Ingat, ia tengah berjuang dengan mempertaruhkan nyawanya bagi kelahiran buah hati Anda berdua.

* Kalau ia terlihat mengerang-erang menahan sakit, cobalah elus-elus atau pijat perlahan punggungnya. Sentuhan lembut semacam ini akan mengurangi ketegangannya. Jika ia berkeluh kesah tentang rasa sakit yang tak tertanggungkan, besarkan hatinya untuk tetap tabah. Pahami benar bahwa saat itu ia memang sedang sakit. Berikan bantuan ringan kala mendampingi istri saat bersalin.

* Bicaralah pada suster atau dokter bila ada sesuatu yang tak dimengerti tentang kondisi istri. Yakinkan diri bahwa tenaga paramedis di situ adalah orang-orang profesional yang akan membantu menangani istri dan bayi Anda.

* Cobalah hibur dengan humor-humor segar kala mendampingi istri saat bersalin. Jika istri seakan sebal atau tampak judes, suami tak perlu tersinggung. Pahami hal semacam itu muncul karena ia tengah berada dalam situasi yang sangat berat dan membuatnya tertekan.

KELAHIRAN YANG MENAKJUBKAN

Mendampingi istri saat bersalin tidak semua suami dapat melakukannya. Tak semua suami memiliki keberanian untuk menyaksikan proses kelahiran bayinya. Bila Anda mampu melakukannya, nikmati momen-momen tersebut untuk menyaksikan sebuah keajaiban yang pasti bakal merupakan pengalaman tak terlupakan sepanjang hayat. Ingat, di detik-detik terakhir begini, istri sangat membutuhkan dukungan Anda. Soalnya, inilah tahap yang paling menegangkan dan butuh stamina tinggi.