Bolehkah Makan Udang Saat Hamil?

By Ipoel , Kamis, 2 April 2015 | 08:15 WIB
Bolehkah Makan Udang Saat Hamil? (Ipoel )

TabloidNakita.com - Saat sedang hamil, asupan makanan sangat penting diperhatikan oleh calon ibu. Banyak mitos mengatakan bahwa ibu hamil tak boleh makan udang, karena bisa berakibat buruk bagi si janin.

Banyak lagi mitos lain yang mengatakan bahwa ibu hamil yang gemar mengonsumsi udang bisa membuat bayi terserang eksim nantinya. Udang juga bisa menimbulkan keracunan, apalagi bila bumil menikmatinya sambil minum air jeruk.

Sebenarnya bolehkah ibu hamil makan udang ? Bagaimana bila ibu hamil sedang ngidam, bukankah ada  mitos lain yang mengatakan bila ngidam tidak dituruti kelak sang anak jadi sering “ngeces”? 

Namanya juga mitos. Ternyata apa yang dipercaya para ibu hamil sekian lama tersebut tidak benar. Menurut Laura Riley, MD, direktur persalinan di Massachusetts General Hospital dan penulis buku You and Your Baby: Pregnancy, udang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Udang termasuk kategori jenis makanan laut yang rendah merkuri. Contoh makanan laut rendah kalori lainnya adalah ikan salmon, ikan pollack, sarden, dam ikan lele sangat aman dikonsumsi ibu hamil. Meskipun begitu, menurut Laura ibu hamil sebaiknya membatasi konsumsi jenis-jenis ikan ini tidak lebih dari 350 gram per minggu.

“Belilah ikan di tempat yang memang menyediakan produk-produk yang disiapkan dengan baik. Anda tidak ingin mendapat udang yang tidak segar kan?” kata Laura, sambil menyarankan untuk menghindari udang mentah atau yang belum benar-benar matang.

Yang seharusnya dihindari oleh ibu hamil adalah jenis makanan laut yang kaya akan zat merkuri seperti hiu, ikan dori, tilefish, maupun ikan makarel. Ikan yang tinggi kandungan merkurinya dapat memicu sel kanker pada janin. Udang yang sudah tidak segar juga mengandung parasit dan bakteri, serta zat arsenik yang bisa memicu keracunan.

Jadi, tak masalah jika Anda ingin makan udang saat hamil. Asalkan memilih udang yang segar dan bersih. Pastikan juga Anda  telah memasak udang sampai matang.

Maya Indriyani/ TheB ump.com