Sikap Berdiri yang Tepat Bagi Ibu Hamil

By Ipoel , Minggu, 30 Agustus 2015 | 02:00 WIB
Sikap Berdiri yang Tepat Bagi Ibu Hamil (Ipoel )

TabloidNakita.com - Sikap berdiri yang tepat bagi ibu hamil saat berdiri dapat menghindarkan sakit pinggang maupun punggung. Bila diabaikan, sakit pinggang dan punggung dapat dengan mudah menyerang. Secara umum, penyebab sakit pinggang dan punggung dapat disebabkan berat badan yang semakin naik maupun karena sikap tubuh yang salah saat beraktivitas.            

Untuk penyebab pertama tak banyak yang dapat dilakukan karena perubahan tubuh pada ibu hamil normal dan alami. Berbeda dengan penyebab kedua yang dapat dihindari dengan mengetahui sikap dan posisi tubuh yang tepat saat beraktivitas.

Bagaimana sikap berdiri yang tepat bagi ibu hamil itu? Sikap tubuh saat hamil sebenarnya tak jauh berbeda seperti kala tak hamil, hanya saja karena ibu memang membawa beban di  perut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

SIKAP BERDIRI YANG TEPAT BAGI IBU HAMIL- Berdirilah dengan posisi tubuh lurus. Posisi ini akan membuat ibu hamil lebih relaks karena dapat mengendurkan otot-otot yang tegang.- Hindari membungkuk karena posisi tersebut akan menekan perut.- Idealnya ibu hamil berdiri paling lama hanya 20—30 menit. Setelah itu perlu beristirahat dengan duduk atau rebahan.- Namun bila situasi mengharuskan ibu hamil berdiri dalam waktu yang lama, sebisa mungkin carilah sandaran agar beban pada kaki dan punggung dapat sedikit berkurang. Jika tidak ada, usahakan kedua kaki tidak bertumpu secara simetris, melainkan bertumpu pada satu kaki secara bergantian dan buatlah serelaks mungkin.