Perubahan Fisik Ibu Hamil di Trimester 3

By Ipoel , Senin, 29 Februari 2016 | 00:30 WIB
Perubahan Fisik Ibu Hamil di Trimester 3 (Ipoel )

TabloidNakita.com - Selain perut dan payudara yang semakin membesar, ada beberapa perubahan dan gangguan yang mungkin akan ibu alami saat memasuki trimester 3. Berikut 2 perubahan fisik ibu hamil di trimester 3:* MENGOMPOL

Pada trimester terakhir, beberapa ibu hamil mengompol. Biasanya ketika batuk, tertawa terlalu keras, atau bersin. Mengompol ini terjadi karena tekanan dari rahim yang terus membesar terhadap kantung kemih.

Biasanya akan pulih dengan sendirinya setelah melahirkan. Beberapa latihan yang bertujuan untuk menguatkan otot-otot panggul, juga bisa mengatasi kondisi ini. Ternyata, mudah mengompol tidak hanya terjadi saat hamil, tapi juga seusai bersalin. Banyak mama mudah mengompol usai bersalin.

* KEJANG KAKI

Kejang kaki biasanya disebabkan kelebihan fosfor dan kelebihan kalsium dalam darah. Biasanya dokter menyarankan untuk meminum tablet kalsium tanpa fosfor.

Bila ibu hamil mengalami kejang pada betis, luruskan kaki dan lekukkan mata kaki serta jari-jari kaki ke atas ke arah hidung Anda. Lakukan beberapa kali menjelang tidur. Atau bisa juga berdiri di atas permukaan yang dingin. Berikut cara lain atasi kram kaki saat hamil.