Ini Penyebab Sakit Punggung Saat Hamil

By Ipoel , Rabu, 6 Mei 2015 | 11:00 WIB
Ini Penyebab Sakit Punggung Saat Hamil (Ipoel )

TabloidNakita.com - Dengan mengetahui penyebab sakit punggung, kita dapat meninimalkan atau meredakan gangguannya. Sakit punggung merupakan salah satu penyakit yang pasti diderita 8 dari 10 orang dewasa dalam hidupnya. Saat hamil, banayak juga Mama yang mengeluhkan sakit punggung saat hamil. Berikut penyebab sakit punggung saat hamil:

1. Duduk membungkuk Ini penyebab sakit punggung saat hamil. Duduk dengan punggung melengkung dalam waktu lama akan menyebabkan tulang lumbal tidak tersangga dengan baik sehingga tekanan pada diskus semakin besar. "Akan tetapi tekanan paling besar pada diskus terjadi ketika kita dalam posisi duduk kemudian dalam posisi miring hendak mengambil sesuatu dari lantai. Karena itu jika ingin memungut sesuatu berdirilah dulu baru berjongkok untuk mengambilnya," katanya.

2. Penyebab Sakit Punggung Saat Hamil : Merokok

Selain membahayakan janin, merokok juga membuat sakit punggung saat hamil. Merokok akan menyebabkan diskus memburuk dengan cepat. Diskus atau bantalan tulang ini memiliki dinding fibrosa di bagian luar yang melindungi gel di dalamnya.

3. Memilintir pinggang

Semua gerakan yang melibatkan rotasi di bagian perut atas secara berulang-ulang akan menyebabkan trauma mikro pada tulang punggung bawah. Kerusakan ini akan berakumulasi dan beresiko menyebabkan kerusakan di kemudian hari. Hindari memlintir pingggang sehingga dapat menyebabkan sakit punggung saat hamil.

4. Kurang tidur

Diskus tulang belakang tidak memiliki pembuluh darah sehingga mereka tidak mendapat cukup nutrisi. Akibatnya diskus lebih rentan retak dan dehidrasi. "Usahakan untuk tidur cukup minimal 7 jam setiap malam karena di malam hari diskus akan terhidrasi kembali," katanya. Agar tidak terkena sakit punggung saat hamil, cukupi kebutuhan tidur Mama.

5. Kasur empuk

Alas tidur yang terlalu empuk dan melengkung di bagian tengah akan membuat struktur tulang berubah, sehingga menyebabkan nyeri punggung saat hamil.Sudah tahu kan penyebab nyeri punggung, sehingga kita bisa mengubah kebiasaan atau mencegahnya agar ganggyan nyeri punggung saat hamil pergi jauh-jauh.