Tak Banyak yang Tahu, Perempuan yang Menderita Skoliosis Dapat Melahirkan Normal

By Ipoel , Selasa, 3 Oktober 2017 | 02:00 WIB
Penderita Skoliosis Dapat Melahirkan Normal (Ipoel )

Nakita.id Ibu skoliosis dapat melahirkan secara normal,  walau terlihat rumit dan meragukan, tapi Ibu skolios bisa  melahirkan normal. Normal seperti ibu lainnya dengan kondisi normal dan sehat.

Ibu hamil yang akan bersalin, biasanya dokter kebidanan akan meminta bantuan dokter orthopedic untuk terlibat. Hal itu dilakukan oleh dokter kebidanan karena penderita skoliosis rentan terkena HNP atau saraf kejepit di tulang punggung.

Nah, karena proses persalinan normal memerlukan proses mengejan, ditakutkan peluang HNP akan semakin besar terjadinya.

Tapi kondisi tersebut tidak terjadi pada semua ibu hamil yang menderita skoliosis. Pada ibu yang dinilai mampu melakukan persalinan normal, proses persalinan seperti yang banyak dicita-citakan perempuan ini bisa dilaksanakan.

(Baca juga : 7 Tip Agar Ibu Mudah Melahirkan Normal)

Tapi jika sebaliknya, saat dinilai oleh dokter orthopedi kecenderungan terjadinya HNP besar, Ibu akan disarankan untuk melakukan proses persalinan dengan cara sesar. Jadi, paham kan Bu, kapan penderita skoliosis dapat melahirkan normal, kapan juga tidak. 

SKOLIOSIS MENURUN KE ANAK

Penting juga diperhatikan, walau bukan penyakit atau kelainan turunan juga genetika, ibu hamil skoliosis, berpeluang mempunyai anak skoliosis.

Tapi untungnya, terjadinya skoliosis pada si kecil bisa dideteksi sejak bayi, bisa juga baru terdeteksi setelah dia besar.

(Baca juga : Kebiasaan Saat Hamil Ini Dapat Membantu Ibu Melahirkan Secara Normal)

Jadi langkah yang terbaik, saat si anak lahir perhatikan baik-baik perkembangan tulang belakangnya. Jika ada keraguan atau keanehan, segera konsulkan ke dokter orthopedi.