Agar Cepat Pulih, Konsumsi Makanan Ini Setelah melahirkan

By Ipoel , Kamis, 10 Agustus 2017 | 04:45 WIB
Konsumsi Makanan Ini Setelah melahirkan (Ipoel )

Nakita.id  – Selain melakukan beberapa gerakan fisik supaya cepat pulih setelah melahirkan sesar ataupun normal, fisik ibu perlu didukung dengan makanan dan minuman spesial pasca melahirkan. 

        Dengan adanya bantuan dari makanan spesial, kondisi pemulihan ibu akan lebih baik dan cepat.

Karena ibu tercukupi kebutuhan energinya dan vitamin-vitamin untuk proses penyembuhan pasca persalinan.

        Untuk kesehatan kulit, ibu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan zat-zat untuk kesehatan kulit dan memperkuat kerangka protein pada jaringan elastin dan kolagen di kulit.

Dengan begitu, usai melahirkan, kesehatan kulit ibu tetap terjaga. Makanan tersebut adalah kaya Zinc.

Terdapat dalam ikan, kacang-kacangan. Kaya vit A, C, D. Terdapat dalam wortel, susu.  Makanan tinggi protein. Terdapat pada telur, susu, daging ayam.

        Berikut sumber makanan sehat yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang ingin cepat pulih usai bersalin/melahirkan:

Makanan sumber Kalsium:  * Susu * Kacang-kacangan * ikan teri Makanan Zat Besi: * Sayuran hijau * Kacang-kacangan * Daging merah * Hati * Tempe * Ikan teri   Makanan sumber Protein: * Kombinasi hewani dan nabati (tahu, tempe, tauco, daging sapi, daging ayam, dan lain-lain) Makanan Asam Folat: * Susu * Telur Makanan sumber Karbohidrat: * Nasi * Terigu * Mi * Biji-bijian Penting juga kita diperhatikan, supaya cepat pulih setelah melahirkan tapi tetap bisa memenuhi kuantitas dan kualitas ASI bagi si kecil, setiap hari di 0-6 bulan pertama menyusui, asupan kalori boleh ditambah sampai 700 kal dari saat hamil.

Di 7-12 bulan berikutnya, asupan kalori ditambah cukup sampai 500 kal saja dari saat hamil.

        Tak kalah pentingnya, setiap hari ibu baiknya selalu mengonsumsi buah-buahan.

Alangkah baiknya lagi buah-buahan ini dijadikan camilan sebagai penghilang rasa lapar. Sebab buah-buahan kaya akan vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh ibu dalam proses pemulihan setelah melahirkan

        Adapun makanan dan minuman musti dihindari seusai melahirkan adalah makanan berlemak & minuman yang mengandung kafein, gula-gula sederhana, misalnya teh manis, sirup, dan soft drink, cake manis, cokelat, es krim, makanan ringan yang banyak mengandung zat aditif, semisal keripik dan kerupuk. Sebaliknya, perbanyak minum air putih. Jadi, jangan lupa asupan makanan bergizi ya mama usai melahirkan.