Belajar dari Putri Diana dan Pangeran Charles, Inilah Pola Asuh Pangeran William Pada Anaknya

By Maharani Kusuma Daruwati, Sabtu, 26 Mei 2018 | 14:11 WIB
Keluarga Pangeran William dan Kate Middleton (kiri), Keluarga Pangeran Charles dan Putri Diana (kanan) (Nakita.id/Kolase)

Nakita.id - Menjadi orang tua bukanlah pekerjaan yang mudah, bahkan untuk seorang pangeran sekalipun.

Hal itu pula yang dirasakan oleh Pangeran William setelah menjadi orangtua dari ketiga anaknya.

Pangeran William dan Kate Middleton menikah pada 29 April 2011 lalu, keduanya telah dikaruniai tiga orang anak.

BACA JUGA: Kompak, Zaskia Mecca dan Mantan Istri Hanung Hadiri Pameran Anaknya!

Mereka adalah Pangeran George, Putri Charlotte, dan yang baru saja lahir adalah Pangeran Louis.

Mengasuh dan membesarkan anak bukanlah perkara mudah bagi Pangeran William dan Kate.

Melansir dari Hello Magazine, Pangeran William belajar banyak dari orangtuanya bagaiamana cara mengurus anak dengan baik.

Suami Kate ini pun ingin berbagai pelajaran tersebut melalui sebuah pidatonya saat Rapat Umum Tahunan Komisi Amal pada hari Selasa (23/1/2018) lalu.

Kala menyampaikan pidatonya tersebut, anak ketiga Pangeran William masih dalam kandungan Kate.

Duke of Cambridge ini menghormati almarhum ibunya, Putri Diana dan ayahnya Pangeran Charles dengan mengungkapkan cara-cara mereka membentuknya menjadi seorang pria seperti sekarang ini.

"Saya punya dua anak [Pangeran George dan Putri Charlotte] yang mungkin Anda sudah kenal, dan ketika saya pertama kali menjadi ayah sekitar empat setengah tahun yang lalu, saya memulai proses berpikir tentang cara saya telah dibesarkan, dan nilai-nilai yang orangtua saya telah ditanamkan dalam diri saya, " kata Pangeran William.

"Seperti yang diketahui orangtua mana pun, proses ini tidak selalu merupakan salah satu yang Anda lakukan secara sadar - Anda menemukan bahwa nilai dan kebiasaan tertentu, yang tidak Anda ketahui, mulai meluap ke permukaan," lanjutnya. 

BACA JUGA: Yuk Intip Kamar Calon Bayi Marissa Nasution yang Penuh Barang Mewah

"Beberapa kenangan saya yang paling awal berhubungan dengan waktu yang orangtua saya ajak bicara kepada saya atau - bahkan lebih baik - menunjukkan kepada saya apa artinya memiliki hak istimewa dan tanggung jawab."

Dalam pidatonya, William, yang mengharapkan anak ketiganya bersama Duchess, teringat mengunjungi penampungan tunawisma bersama ibunya ketika dia masih muda. 

Pada saat itu, Putri Diana menjelaskan kepada putranya mengapa orang-orang yang ditemuinya di sana penting dan "mengapa tidak ada masyarakat yang bisa sehat kecuali kita memperlakukan orang lain secara serius."

Pangeran William pun juga belajar banyak hal dari ayahnya, Pangeran Charles.

Bagaimana beramal adalah penting untuk kehidupan kita dan bagaimana itu penting untuk menunjukkan perasan kita.

"Sebagai seorang anak kecil, saya ingat malam demi malam ketekunan dan belas kasih ayah saya saat dia menerapkan dirinya untuk menjawab ribuan surat dan membaca laporan tanpa akhir untuk tetap di atas ambisinya untuk melakukan semua yang dia bisa untuk membantu orang yang kurang beruntung," terangnya.

BACA JUGA: Mau Nonton Konser Celine Dion? Ini Tiket yang Tersisa, Ada yang Seharga Rp 12 Juta

Ayah tiga anak ini menambahkan, "Tanpa saya sadari, apa yang dilakukan orangtua saya adalah menanamkan dalam diri saya dan Harry kebiasaan seumur hidup untuk menempatkan kasih sayang dan amal di dalam hidup kami."

Hal itu pulalah yang sepertinya juga akan diterapkan Pangeran William pada anak-anaknya kelak.