Waspada, Kondisi Ibu Hamil Seperti Ini Berisiko Jika Senam Hamil!

By Fadhila Auliya Widiaputri, Minggu, 27 Mei 2018 | 18:55 WIB
senam hamil (gilaxia)

Nakita.id – Saat ini mulai banyak bermunculan kelas senam khusus yang ditujukan untuk para ibu hamil.

Dilansir dari Serial Buku Nakita: 130 Solusi Kehamilan & Persalinan, senam hamil pada umumnya baru dimulai pada usia kehamilan 7 bulan.

Sebab dalam kelas-kelas ini para calon ibu dipersiapkan untuk menghadapi proses persalinan, mulai dari latihan gerakan mengatur posisi, mengatur nafas, dan bahkan mengendan yang benar.

Tentunya, sebelum memulai kelas senam para ibu sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

BACA JUGA: Yuk, Cari Tahu Apa Yang Dipelajari Di Kelas Senam Hamil!

Sebab siapa tahu jika ternyata terdapat gangguan kehamilan seperti letak plasenta di bawah atau hipertensi yang menbuat seorang ibu sebaiknya menunda keinginannya terlebih dahulu untuk melakukan senam.

Setelah dipastikan boleh mengikuti senam hamil, sebaiknya para ibu bergabung dengan kelas senam hamil yang telah disediakan oleh rumah sakit dan instruktur yang telah bersertifikat sebelum mencobanya sendiri di rumah.

Perhatikan mana gerakan-gerakan yang harus diawasi instruktur dan mana yang aman dilakukan sendiri di rumah.

Selain itu sebaiknya selalu lakukan senam hamil dengan pengawasan orang lain, misalnya dengan pengawasan suami.

Bukan hanya menjaga kemanan ibu, pengawasan dan bantuan suami juga dapat memberikan dukungan mental bagi istri untuk kesuksesan proses persalinan.

BACA JUGA: 4 Mitos Seputar Yoga di Saat Kehamilan yang Masih Moms Percaya