Stres, Penyebab Melahirkan Lama

By Ipoel , Sabtu, 30 November 2013 | 08:00 WIB
Stres, Penyebab Melahirkan Lama (Ipoel )

TabloidNakita.com - Persalinan atau melahirkan lama  banyak dialami oleh Mama yang akan bersalin. Mereka sudah menunggu di ruang bersalin hingga 12 jam lebih, namun apa daya, bayi tak kunjung keluar, alias lama. Nah, salah satu penyebab persalinan lama adalah stres. Harus diakui, banyak Mama yang cemas menjelang melahirkan. Hal ini wajar terjadi mengingat proses persalinan bukanlah hal mudah. Selain cukup menguras tenaga, bahkan ada yang mengatakan persalinan ibarat pertaruhan antara hidup dan mati. Kekhawatiran lain pun kerap muncul seperti cemas jika terjadi perdarahan banyak, rasa mulas dan sakit yang luar biasa, bahkan ada gangguan pikiran yang terbayang jika bayi yang dilahirkan tidak sempurna.

Cemas dan khawatir yang berlebihan akan membuat Mama stres, sehingga menyebabkan persalinan menjadi lama. Pasalnya, bila secara psikis ibu mengalami ketegangan tinggi, maka otot-otot, termasuk otot dasar panggul, menjadi ikut tegang. Semua itu dapat memperlambat pembukaan saat bersalin. Tak heran jika ibu yang mengalami ketegangan hebat kerap mengalami persalinan lama. 

Karena itu, selama kehamilan dan menjelang persalinan, ibu harus menenangkan dan menyamankan diri dengan baik, sehingga melahirkan lama dapat dihindari. Beberapa cara bisa dilakukan, di antaranya:

- Pahami jika persalinan adalah proses alamiah yang akan dialami oleh kaum wanita. Jika wanita lain bisa menjalaninya dengan baik, kita pun pasti bisa. Ini menjadi motivasi agar mama dapat lancar bersalin dan terhindar dari persalinan lama. 

- Kuatkan hati bahwa ibu bisa menjalaninya dengan baik. Ingat, ibu tidak sendirian, ada tenaga medis yang akan membantu. Percayalah, mereka sudah berpengalaman menolong persalinan.

- Jauhkan pikiran-pikiran negatif yang hanya akan membuat ibu semakin tertekan dan persalinan menjadi lama. Misalnya, ketakutan terjadi perdarahan hebat, ketakutan akan mendapatkan bayi yang tidak sehat, ketakutan tak mampu melakukan pengejanan dengan baik, dan lainnya.

- Tanamkan bahwa persalinan akan menyempurnakan ibu sebagai seorang wanita. Tidak setiap wanita bisa hamil, bersalin, dan memiliki anak dari rahimnya sendiri. Nah, ibu diberikan anugerah yang luar biasa dari Tuhan untuk bisa mengalami proses kehamilan dan persalinan ini.

- Sebaiknya ikut kelas senam hamil karena di sana akan diajarkan cara mengejan yang benar. Kemampuan mengejan yang baik akan mencegah ibu dari proses persalinan lama. Mental ibu pun semakin kuat karena ibu dilatih mengatur napas, menahan, dan mengeluarkannya sambil mengejan. Dalam kelas senam hamil pun ibu ditemani oleh psikolog yang membantu ibu keluar dari permasalahan psikologis seperti ketakutan menghadapi persalinan.