10 Mama Berbagi Kiat Agar Anak Cepat Tidur

By Ipoel , Minggu, 27 Oktober 2013 | 06:00 WIB
10 Mama Berbagi Kiat Agar Anak Cepat Tidur (Ipoel )

Berikut pengalaman mereka:* Maria Kristiani, “Pengalaman saya, bayi akan cepat lelap tidur di dalam mobil yang bergerak, atau diayun pada ranjang ayun, terlebih jika dibedong, jadi hangat. Lebih lelap lagi sambil dibuai dengan alunan musik yang lembut.”

 

* Rini Soetriani Panji, “Kalau anak saya tidurnya harus sambil nenen... jadi kalau sudah kelihatan gosok-gosok mata dan terlihat bosan, langsung dikasih ASI, tidur deh.”

 

* Ari Palupi Jodi, “Sebelum tidur, si kecil saya rawat, saya ganti semua bajunya, buat dia sebersih dan sesegar mungkin, kemudian diberi ASI hingga kenyang. Setelah itu, mulai ditidurkan. Jangan lupa lingkungan sekitarnya pun harus bersih dan dipastikan tidak ada nyamuk. Alhamdulillah, mudah sekali dia tidur dengan nyaman dan nyenyak.”

 

* Nayla, “Kalau menurut pengalaman saya digendong sambil dinyanyiin. Cara ini cepat banget buat si kecil terlelap.”

 

* Yosiana Dewi Susanto, “Putriku sejak kecil kalau mau tidur pilih lampu yang redup, dinyanyiin lagu sambil ditepuk-tepuk pantatnya. Sekarang dia terbiasa kalau mau tidur, kamarnya agak gelap, tinggal dipeluk dan bersenandung, sudah tidur sendiri, tidak perlu waktu lama.”

 

* Fatma Maena, “Sebelum tidur ada ritual khusus, biasanya sih aku memijat lembut punggungnya pakai minyak kayu putih atau minyak telon, setelah itu aku bacakan buku cerita, menyanyikan lagu ‘dung in dung’ atau ‘nina bobok’. Anakku pasti cepat  tidur.”

 * Sylvia Harianto, “Anak saya umur 8 bulan. Untuk menidurkan anak, saya gendong atau menidurkannya langsung di kasur sambil menyanyikan ‘nina bobok’, tapi nina boboknya, saya ganti dengan namanya. Sambil minum susu, anakku bobok, deh.”

 

* Bekti Rahayuningrum, “Kira-kira 1 jam sebelum bobok, aku kasih makan, porsinya biasa aja. Kalo perutnya kenyang, bayi pun nyenyak tidurnya. Atau, dalam keadaan tertentu, aku ulaskan obat tradisional yaitu pala diparut halus tapi jangan banyak-banyak. Parutan pala tersebut dicampurkan dengan minyak telon lalu diusapkan di ubun-ubun bayi. Biasanya tidak lama, bayi mengantuk. Selamat mencoba.”

 

* Dona Yona Saragi, “Yang pasti anakku, Kristian (3 bulan), tidur tidak sedang lapar atau sudah dalam keadaan kenyang. Anakku digendong dan dielus kepalanya sambil dinyayikan lagu karangan sendiri sesuka hati, tidurnya pasti lelap.”