Kenali Moms Gejala Awal Alzheimer, Salah Satunya Sering Bingung!

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Kamis, 31 Mei 2018 | 11:27 WIB
Jangan dianggap sepele, begini gejala awal penyakit alzheimer! (iStock)

Nakita.id - Moms apakah pernah mendengar penyakit alzheimer?

Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

Penyakit ini akan membuat seseorang tak mampu berpikir jernih, melakukan tugas sehari-hari dan akhirnya tidak bisa mengingat siapa dirinya sebenarnya. 

Penyakit ini menyebabkan hilangnya keterampilan intelektual dan sosial, sel-sel otak berdegenerasi dan mati, sehingga menyebabkan penurunan signifikan dalam hal memori dan fungsi mental.

Para ilmuwan percaya bahwa penyakit Alzheimer disebabkan oleh faktor genetik, gaya hidup dan lingkungan yang memengaruhi otak.

BACA JUGA: Selain Adara Taista, Deretan Artis Hollywood ini Juga Pernah Berjuang Melawan Kanker Kulit

Biasanya penyakit ini menyerang mereka yang sudah berusia lanjut, namun bukan tidak mungkin bisa dialami oleh orang yang masih muda.

Nah, seperti ini Moms tanda awal penyakit alzheimer menurut Reisa Sperling, MD, direktur Pusat Penelitian dan Perawatan Alzheimer di Brigham and Women's Hospital di Boston.

Melupakan percakapan penting

"Jika Anda ingat bahwa lupa sesuatu, seperti dimana menaruh kunci, itu berarti otak masih mencoba mengakses informasi itu," kata Dr. Sperling.

Atau tidak bisa mengingat nama seorang aktor di film — tetapi mengingatnya nanti malam atau keesokan harinya.

Kesulitan mengelola keuangan