Hamil Ternyata Lebih Seksi!

By Ipoel , Rabu, 2 Desember 2015 | 05:40 WIB
Hamil Ternyata Lebih Seksi! (Ipoel )

Ada beberapa perubahan fisik yang terjadi saat hamil karena pengaruh hormon kehamilan. Fisik cenderung membesar disertai berbagai perubahan lainnya. Buah dada, bokong, dan beberapa bagian lainnya lebih besar. Tentu ini membuat ibu hamil terlihat lebih menarik atau seksi daripada sebelumnya. Memang, bagi beberapa ibu, kondisi itu kadang menyebabkan perasaan tidak nyaman. Meski begitu, dengan tindakan tepat, perubahan fisik justru malah dapat disyukuri. Ibu pun dapat menjalani kehamilan dengan menyenangkan. Berikut beberapa perubahan tersebut:

* Pembesaran Payudara

Payudara yang membesar dan kencang terjadi karena peningkatan hormon kehamilan yang menimbulkan pelebaran pembuluh darah sekaligus mempersiapkan kelenjar ASI untuk menyusui bayi. Selain itu, perubahan juga terjadi pada wilayah sekitar puting susu. Beberapa tip perawatan payudara selama kehamilan:

• Perubahan Kulit

Terjadi karena adanya pasokan darah yang mengalir ke kulit. Warna kulit pun menjadi agak gelap. Hampir semua wanita mengalami perubahan ini. Tingkat perubahannya sangat bergantung pada warna kulit asli. Pada bagian perut, pusar juga semakin gelap dan menyembul keluar. Akibat adanya perubahan hormonal, terjadi pembesaran rahim yang mengakibatkan otot dan dinding perut jadi meregang. Akibatnya kulit tampak “pecah” dan gatal. Pecahan tersebut akan menimbulkan stretchmarks, garis tipis di kulit. Stretchmarks akan muncul di payudara, perut, paha, dan bokong sebagian besar wanita. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh tingkat elastisitas kulit. Konsultasikan dengan dokter untuk menanyakan krim yang aman digunakan. Jangan digaruk karena akan memperparah keluhan dan membentuk garis-garis hitam. Cukup dieluselus atau gunakan syal atau saputangan untuk meredakan gatal.

Meski begitu, secara umum kulit ibu hamil sebenarnya tampak lebih cantik dari sebelumnya. Perubahan hormon membuat kulit ibu lebih halus dan bersinar. Nikmatilah keindahan kulit ini selama hamil.

* Gusi Berdarah

Adanya hormon kehamilan menyebabkan gusi menjadi lebih lunak dan mudah berdarah ketika sedang disikat. Rawat baik-baik gigi dan gusi ibu pada waktu hamil. Kumur dan sikatlah setiap habis makan, terutama setelah mengonsumsi makanan yang manis dan lengket. Setelah mengetahui kehamilan, segera periksakan ke dokter gigi jika ibu memerlukan perawatan gigi secara khusus. Makanlah makanan yang kaya vitamin dan kalsium.

* Penambahan Berat Badan

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, umumnya akan ada pertambahan berat badan. Untuk itu, disarankan agar mempersiapkan baju-baju dan celana yang lebih longgar, khususnya yang longgar pada wilayah perut. Hal ini bukan berarti adanya peningkatan berat badan yang banyak tapi karena rahim berkembang dan memerlukan ruang.