Waspadai Nyeri Berikut Ini

By Ipoel , Kamis, 18 Juli 2013 | 23:00 WIB
Waspadai Nyeri Berikut Ini (Ipoel )

Ibu hamil sering merasa nyeri, jangan sepelekan, cek penyebab rasa nyeri berikut ini:

1. Kram seperti saat haid, yang berlangsung lama (beberapa jam). Nyeri bersifat ritmik, menjalar dari pinggang ke arah bagian atas kemaluan. Ini bisa jadi tanda-tanda awal keguguran. Umumnya dibarengi dengan perdarahan berwarna merah muda serta kontraksi yang kuat, teratur, dan terasa sakit. Segera hubungi dokter atau bidan untuk meminta bantuan.

2. Nyeri dirasakan pada perut bagian atas atau ulu hati. Nyeri ini biasanya diikuti sakit kepala serta gangguan pandangan (mata kabur). Penyebab umumnya adalah preeklamsia yang ditandai pula dengan naiknya tekanan darah dan disertai bengkak-bengkak terutama pada kaki serta bocornya protein dari ginjal.

3. Nyeri yang berasal dari kontraksi rahim sehingga menyebabkan persalinan kurang bulan. Nyeri/kram yang  menyerang bagian perut ini meyerupai diare yang melilit, dibarengi nyeri punggung dan kontraksi pada usia kehamilan 20 minggu sampai 36 minggu.    Pada persalinan kurang bulan sering diikuti keluarnya darah yang banyak, sehingga sering disalahartikan sebagai perdarahan pra-persalinan akibat plasenta previa (plasenta tumbuh  menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir).

4. Ada beberapa nyeri yang terjadi dalam kehamilan tetapi tidak berkaitan dengan kondisi kehamilan itu sendiri. Antara lain pecahnya kista karena tekanan pada rahim yang besar atau kasus peradangan usus buntu.